PENGEMBANGAN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENILAI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANJAR BALI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Parwati Dewi Jatiningtyas

Sari


This research belongs to development reseach which aims to develop the portfolio instruments and their implementation to measure the students’ creative thinking skill in fourth grade students of SD Negeri 2 Banjar Bali Buleleng Subdistrinct in academic year 2018/2019. The reseach design which used in this study was Reseach and Development. This design was used ADDIE model namely; Analyze, Design, Development, Implementation, And Evaluation. There fourh instruments in collecting the data namely; obsevasion, quationnaire, portfolio, and documentation. The results of the study were analyzed by using quantitative descriptive analysis methods. The results of data analysis showed that the validity assessment of the instrument through validity test scored 32 by the first judgement with a very decent predicate, scored 27 by the second judgment with a very decent predicate, scored 27 by the third judgment with a very decent predicate, scored 32 by the fourth judgment with a very feasible predicate, and scored 32 by the fifth judgment with a very decent predicate. The instrument of portfolio assessment received a good responses and very good responses from its user. Based on the results, the instrument of development can be assumed that it can be used in learning process on the Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam in Indonesia.

Kata Kunci


creative thinking, portfolio

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anshori S. 2008. Implementasi asesmen portofolio dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Didaktika .2 (2): 285-303.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian Dengan Portofolio, Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar.

Joni, T. Raka. 1986. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.

Majid, A. 2017. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marhaeni, A.A.I.N. 2006. Menggunakan Assessment Otentik dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi (Makalah). Undiksha, Singaraja.

Marhaeni, AAIN. 2005. Pengaruh Asesmen Portofolio Dan Motivasi Berprestasi Dalam Belajar Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Negeri Singaraja,2004). Disertasi, (tidak diterbitkan). PPs Universitas Negeri Jakarta.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Santoso, Budi. 2007. Penilaian Portofolio dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2. Tersedia pada: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/811/224.(diakses tanggal 6 Februari 2019).

Semiawan, Conny. 1984. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah. Petunjuk bagi guru dan orangtua. Jakarta: Gramedia.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.Surabaya: Unesa University Press.




DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v6i2.1162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Guna Widya terindex

     

]