PERAN GURU IPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI
Sari
Guru memegang peran besar dalam mengembangkan dan melaith kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini penting agar mereka siap dan mampu menghadapi berbagai persoalan personal maupun sosial yang ada dalam kehidupan. Penelitian ini menggunakan studi pustaka untuk mengkaji lebih dalam tentang peran guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dengan studi pustaka ini, tidak hanya mengumpulkan, membaca, dan mencatat literatur saja, tetapi peneliti memperhatikan langkah-langkah dalam meneliti literatur, terutama yang berkaitan dengan peran guru dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini juga mengkaji lebih dalam tentang penerapan model pembelajaran inkuiri guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran ini menekankan pada proses berpikir siswa secara kritis dan analitis, untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses pembelajaran ini bisa dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Model Pembelajaran inkuiri dapat menjadi suatu strategi yang berpusat pada siswa, misalnya kelompok siswa pada pembelajaran inkuiri diarahkan ke suatu isu atau mencari jawaban-jawaban terhadap isi pertanyaan melalui suatu prosedur yang digariskan secara jelas dan struktural oleh guru.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Wahab, Abdul Azis. 2014. Konsep Dasar IPS. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Siska, Yulia. 2018. Pembelajaran IPS Di SD MI. Yogyakarta: Garudhawaca
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sapriya. 2017. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Handayani, Sri. 2014. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar.
Marheani. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nuryati, Lilis. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. DOI: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490/5163
Yuliati, L (2013). Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/jpfi.v9il.2580.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.