PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA HINDU TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA DI SMK NEGERI 1 DENPASAR

Ayu Rai Diah Yusdarini, Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari

Sari


Sudah menjadi kesadaran bersama bahwa dunia pendidikan merupakan cara yang telah dilakukan umat manusia sepanjang kehidupannya untuk menjadi sarana dalam melakukan transmisi dan transformasi baik nilai maupun ilmu pengetahuan. Demikian strategisnya dunia pendidikan sebagai sarana pengetahuan ini, maka dalam rangka menanamkan dan mengembangkan karakter bangsa ini, tidak lepas pula dari peran yang dimainkan oleh dunia pendidikan. Pendidikan karakter penting bagi umat manusia, maka peran yang dimainkan dunia pendidikan harusnya tidak sekedar menunjukkan pengetahuan moral, tetapi juga mencintai dan mau melakukan tindakan moral. Penguatan karakter menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam nawa cita disebutkan bahwa pemerintah akan melakukan revolusi karakter bangsa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimplementasikan penguatan karakter penerus bangsa melalui gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang digulirkan sejak tahun 2016. “Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan,” pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Tak hanya olah pikir (literasi), PPK mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan olah hati (etik dan spiritual) olah rasa (estetik), dan juga olah raga (kinestetik). Keempat dimensi pendidikan ini hendaknya dapat dilakukan secara utuh-menyeluruh dan serentak. Integrasi proses pembelajaran intrakurikulerkokurikuler, dan ekstrakurikuler di sekolah dapat dilaksanakan dengan berbasis pada pengembangan budaya sekolah maupun melalui kolaborasi dengan komunitas-komunitas di luar lingkungan pendidikan.Pendidikan karakter bila dilaksanakan melalui pendidikan agama, dengan menekankan pada aspek religiusitas dan moralitas maka penguatan karakter siswa akan menjadi lebih baik  sehingga akan membawa dampak  positif bagi kepribadian siswa tersebut. 


Kata Kunci


Pendidikan Karakter , nilai pendidikan, tri pusat pendidikan, guru mulia dan kepribadia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan, Faidillah. Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan

Ratna. 2007. Semua Berakar Pada Karakter. Jakarta: Lemabaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Megawangi, Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia

https://lib.unnes.ac.id/7557/1/10449.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.