PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF PELAJARAN AGAMA HINDU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF SISWA PADA SISWA SMK

I Ketut Sudiana, Ida Ayu Gde Wulandari

Sari


Seperti yang kita ketahui pada jaman yang maju ini, sistem pendidikan juga mengalami transpormasi yang lebih maju baik pendidikan umum maupun pendidikan Agama Hindu terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa kelas IV Tujuan penelitian ini adalah menemukan strategi-strategi pembelajaran yang dapat melatih kreatifitas  berpikir tingkat tinggi khususnya berpikir kreatif. Dalam penelitian ini dibandingkan strategi pembelajaran inovatif (Kooperatif GI, PBL, dan Inkuiri) dengan model pembelajaran tradisional (DI).Subjek penelitian adalah siswa kelas X Di SMK N 1 Raman Utara .Hasil penelitian ini adalah kelompok siswa yang belajar dengan strategi kooperarif GI, PBL, dan Inkuiri, memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan model DI. 


Kata Kunci


strategi pembelajaran inovatif, berpikir kreatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baer, J. 1993. Craetivity and Divergent Thinking: A Task Spesific Approach. London: Lawrence Elbaum Associates Publisher.

Galbreath, J. 1999. Preparing the 21st Century Worker: The Link Between Computer-Based Technology and Future Skill Sets. Educational Technology. Desember: 14-22.

Lawson, A. E. 2000. The Generality of Hypotetico-Deductive Reasoning: Making Scientific Thinking Explicit. The American Biology Teacher. 62(7) September 2000. p. 482-495.

Rofiuddin, A. 2000. Model Pendidikan Berpikir Kritis-Kreatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Majalah Bahasa dan Seni 1(28) Pebruari : 72-94.

Slavin, R. E. 1995.Cooperative Learning Theory, Research, and Practice.2nd Ed. London: Allyn and Bacon.

Underbakke, M. et al. 1993. Researching and Developing The Knowledge Based for Teaching Higer Order Thinking. Teory Into Pactce. 32(3): 138-146.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.