MENGINTEGRASIKAN AJARAN LINGGA PURANA DALAM MATERI MANTRA YANTRA DAN TANTRA PADA PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS XII TINGKAT SMA

Komang Suastawan, Gusti Ayu Mastini

Sari


Yantra adalah bentuk “niyasa” (= simbol = pengganti yang sebenarnya) yang diwujudkan oleh manusia untuk mengkonsentrasikan baktinya ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, misalnya dalam perpaduan warna, kembang, banten, gambar, arca, dan lain-lain. Kata Purana berasal dari akar kata pura yang berarti  kuno atau jaman kuno, dan ana berarti mengatakan. Jadi Purana adalah sejarah kuno.Purana dalam Pendidikan Agama Hindu merupakan metodologi yang dapat digunakan dalam upaya memudahkan peserta didik memahami ajaran Weda secara sederhana. Selain itu Purana dapat juga dijadikan sebagai sumber pengayaan pengetahuan pada Materi pendidikan Agama Hindu di jenjang SMA.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Detik.2017. Punya Banyak Rumah dan Investasi, Berapa Total Harta Setya Novanto?. m.detik.com. Diakses pada tanggal 13 Februari 2018 pukul 08.25.

Hadikusuma, H. 1993. Antropologi Agama Bagian 1. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Honig Jr,A.G. 2015. Ilmu Agama. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Kartinah, H. 2011. Pornografi, Candu Perusak Otak. Media Indonesia. (29 April 2011)

Krishna, A. 2015. Bhagavad Gita Bagi Orang Modern. Jakarta : Gramedia.

Manuabe, I.B. 2008. Masturbasi dan Daya Spritual. Singaraja.wordpress.com. diakses pada tanggal 26 Februari 2018 pukul 8.31.

Setyaningrum, S.R., Triyanti dan Indrawani, Y.M. 2014. Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini dengan Perkembangan Kognitif pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional.8(6).243-249.

Sudirga, I.B dan Segara, I.N.Y. 2014. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X. Jakarta : Kemendikbud

Sudirga, I.B. dkk. 2007. Widya Dharma Agama Hindu Untuk SMA Kelas XII.Jakarta :Ganeca Exact.

Suendi, I Nyoman. 2015. Pengendalian Diri, Etika dan Yajna dalam Ajaran Agama Hindu. Surakarta : LPPM Universitas Sebelas Maret.

Sugiarta, N . Mengenal Ajaran Sanatana Dharma- Hindu. www.mantrahindu.com diakses pada tanggal 1 Februari 2018 pukul 14.54

Tantrayasa. 2015.Ajaran Wrhaspati Tattwa Sebagai Jalan Mencapai Moksa. https://tantrayasa.wordpress.com. diakses pada tanggal 15 Februari 2018 pukul 21.31.

Wahana, H.D. 2015. Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Generasi Milenial dan Budaya Sekolah Terhadap Ketahanan Individu (Studi Di SMA Negeri 39, Cijantung, Jakarta). Jurnal Ketahanan Nasional. 21(1).14-22.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.