PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS X.IBB.1 SMA NEGERI 1 BEBANDEM TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sari
Bali merupakan penduduk menganut agama Hindu memiliki konsep dasar dalam kehidupan bermasyarakat,adapun landasan ajaran Agama Hindu yang disebut dengan tri kaya parisuda yaitu tiga macam perbuatan yang harus disucikan. Tri hita karana yakni tiga hubungan harmonis untuk mencapai kebahagiaan yang dijadikan landasan filosof dalam upaya meningkatkan moral dan etika generasi muda. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pendidikan agama hindu agar dapat dijadikan pondasi dalam pendidikan moral dan etika. Metode pengumpulan data studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis pembahasan dapat disimpulkan bahwa penguatan terhadap nilai-nilai moral keagamaan dan nilai etika dapat dilakukan melalui pendidikan agama. Pendidikan agama dapat diberikan di sekolah tempat anak-anak mengenyam pendidikan dengan diharapkan akan dapat meningkatkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan ketaatan terhadap apa yang diajarkan oleh guru. Pendidikan agama dapat diberikan di rumah sebagai lingkungan terdekat keluarga. Pendidikan agama juga dapat diperoleh melalui pergaulan di lingkungan masyarakat. Karena melalui pendidikan agama dapat dijadikan sebagai suatu acuan dalam bertindak dan berperilaku yang baik dan beretika di dalam masyarakat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asti, I. 2017. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini, SMP Sunan Averouss Al-Athfal. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 3 (1), 2017, ISSN Online: 2477-4189.
Ainiyah, Nur. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah: Jurnal Al-Ulum Volume. 13 Nomor 1, Juni 2013. Hal 25-38.
Ayadnya, S. I. B. dan I.B. K Arinasa. 2004. Peranan Wariga terhadap Penggunaan Tanaman Upacara Adat, Seminar Tumbuhan Upacara Agama Hindu. UPT BKT Kebun Raya “Eka Karya” Bali – LIPI.
Crystal, D. 2003. The Cambridge Encyclopedia of Language, Second Edition. New York: Cambridge University.
Darmodiharjo. 1993. Santiaji Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
Drijarkoro, N. 1980. Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Grondona, M. 2000. A Cultural Typology of Economic Development, dalam Culture Matters: How Values Shape Human Progress, L. E. Harrison dan S. P. Huntington, ed. New York: Basic Books.
Gunung, M. G. Ida Pedanda. 2004. Sambutan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) – Bali, Seminar Tumbuhan Upacara Agama Hindu, UPT BKT Kebun Raya “Eka Karya” Bali – LIPI.
Hidayat, O. S. 2015. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.