KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 TORUE

Ni Nyoman Sudastri, Marsono Marsono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat draft RPP, namun sebagian guru tidak membawa RPP pada saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal; (2) Kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran dilakukan dengan mendalami dan memantapkan sejumlah materi pembelajaran sebagaimana terdapat dalam buku paket, adapun dalam proses pembelajaran terdapat pengelolaan kelas yang kurang baik dan pemanfaatan waktu yang kurang disiplin; dan (3) Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dilakukan dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasidalam pencapaian tujuan pembelajaran, berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, dan melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci


Kompetensi Pedagogi;Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamarah, S. B., 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

--------------------, 2010. Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

--------------------, 2008. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Engkoswara dan Aan Komariah, 2011. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O., 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

--------------------, 2008. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, C. Z., 2010. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta: Pena Persada.

Margono, S., 2010. Metode Penelitian Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E., 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S., 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problemetika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudjana dan Ibrahim, 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N., 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B., 2009. Profesi Keguruan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, U., 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.