PERAN GURU PROFESIONAL UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA HINDU MELALUI EFEKTIVITAS DAN KREATIVITAS POLA INTERAKSI DI SEKOLAH

Ketut Edi Darmawan, Ni Wayan Arini

Sari


Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam dunia pendidikan adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan serta merosotnya moral  etika para siswa. Hal ini telah tidak bisa dikaji hanya dengan melihat satu aspek saja. Kondisi sosial ekonomi serta keadaan pendidikan kita dilapangan mengalami sebuah gejala kesenjangan. Banyaknya bangunan sekolah yang tidak layak pakai untuk melakukan proses pembelajaran, biaya pendidikan yang mahal, yang sulit dijangkau bagi kebanyakan masyarakat. Dan bahkan banyak anak-anak kecil yang putus sekolah dan memutuskan untuk mencari uang meski dengan harus turun ke jalanan karena mereka tidak mampu membayar biaya pendidikan yang begitu tinggi terutama di perkotaan. Kurikulum yang selalu berubah mempengaruhi seluruh aspek dan komponen dalam proses belajar-mengajar tersebut. Pendidikan seakan-akan dijadikan kelinci percobaan dan terlihat ada suatu unsur komersil dalam setiap perubahan yang terjadi dalam pendidikan. Dari kalangan pemerintah selalu menginginkan kenaikan mutu pendidikan. Akan tetapi mereka tidak pernah menyesuaikan dan membandingkan antara tuntutan keinginan yang begitu tinggi dengan kondisi yang real terjadi di lapangan


Kata Kunci


Peningkatan Mutu, Pendidikan Agama Hindu, Pola Interaksi dan Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kadjeng, I N. (2003). Sārasamuccaya, Surabaya: Paramita

Muhibbin, S. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ngalim Purwanto (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Punyatmaja, I. B. O. (1994). Cilakrama. Denpasar: Upada sastra

Sudharta, T. R. (2001). Ajaran Moral Dalam Bhagawadgita. Surabaya: Paramitha

Yamin, M. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ariesta K. S.(2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014.Ilmiah Edutic, I (1). http://download.portalgaruda.org

Desmita.(2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Gross, Richard.(2013).Psychology: The Science of Mind and Behaviour (Soetjipto, H.P, & Seotjipto, Mulyantini).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.(Original work published 2010)

Halimah,dkk.(2007).Menumbuhkembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa SD melalui Penerapan Metodologi Quantum Teaching dalam Pembelajaran Tematik. Pendidikan Dasar, V http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.