Tradisi “Ngayah” sebagai Wadah Komunikasi Masyarakat Hindu Perspektif Pendidikan Humanis-Religius
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfian, Magdalia. (2013). “Potensi Kearifan lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa”. Prosiding The 5 thn ICSSIS; “Ethnicity and Globalization”, di Jogyakarta pada tanggal 13-14 Juni 2013.
Ali, H.A. Mukti. 1998. Agama: Dalam Pergumulan Masyarakat Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Budi Hardiman, F. 2007. Filsafat Modern: Dari Machiavelli sampai Nietzsche. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Delors, Jacques. (1996). “Learning”: The Treasure Within, Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-First Century. Paris: UNESCO Publishing
Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 2016. Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Driyarkara. 1980. Driyarkara tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Fajarini, U. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter
Universitas Islam Negeri (UIN). Jakarta. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2020: hal: 123-125.
Haryanto, Joko Tri. 2014. Kearifan Lokal Pendukung Kerukunan Beragama Pada Komunitas Tengger Malang Jawa Timur. Semarang: Balai
Penelitian dan Pengembangan Semarang
Istiawati, F.N. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendikia, 10(1):1-18
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strkturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sodiq A. Kuntoro. 2013. Formulasi Model Pendidikan Humanis Religius.
Makalah Workshop Pengembangan Pendidikan Humanis Religius FIP UNY 16 November 2013 di Yogyakarta.
Nurwardani, Paristiyanti. 2016. Pendidikan Agama Hindu: buku ajar mata kuliah wajib umum. Jakarta: Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Wahyudi, Agung. 2014. “Implementasi Sekolah Berbasis kearifan Lokal Di
SD Negeri Sendangsari Pajangan”. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
(http://repository.uinjkt.ac.id/.../2/DIANA%20WIDYARANI -FITK.pdf)
Wibowo, Agus. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widyasena, I Gusti Made. 2017. Implementasi Konsep Ngayah dalam meningkatkan Toleransi Umat Beragama di Bali. Denpasar: IHDN
Yayasan Saba Sastra Bali. (1982). Ngayah. Denpasar: Yayasan Saba Sastra Bali
DOI: https://doi.org/10.25078/wd.v15i2.1831
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##