MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK SEBAGAI PENDUKUNG PENGUASAAN ENGLISH VOCABULARY PADA ANAK USIA DINI

I Putu Andre Suhardiana

Sari


Language is a developmental aspect which is important to be stimulated from an early age. Language development in children has a dynamic rhythm. There is numerous speech that seems common and consistent in the language of children. Fortunately, this phenomenon does not automatically close the gaps of diversity in the children’s classes. Thus, the method of developing language skills especially English in children must be based on awareness of their own level of development. In developing language skills, the mastery of vocabulary by children determines the dominant ability to communicate, so this should be given special attention by educators. Answering the challenge of mastering the English vocabulary in early childhood, this paper explores in depth about the Talking Stick Learning Model which tends to be reserved for children at a relatively early age. Their first interaction with English will in some way affect their wishes ahead to learn more about this International language. Talking Stick Learning Model projects teachers not to dominate the learning process. This method of learning requires the help of a stick and for the child holding the stick, in turn, must answer the questions of the teacher that have thoroughly studied a discussion. In addition to training children to speak, this model will create a fun atmosphere for learning and train students to participate actively and creatively.

Keywords: Talking Stick Learning Model, English Vocabulary, Early Childhood
Abstrak
Bahasa adalah aspek perkembangan yang penting untuk distimulus sejak usia dini. Perkembangan bahasa pada anak memiliki irama yang dinamis. Terdapat ujaran yang terkesan umum dan konsisten pada bahasa anak-anak. Untungnya, fenomena ini tidak secara otomatis menutup celah-celah munculnya keberagaman pada kelas-kelas anak. Dengan demikian, metode dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, terlebih bahasa Inggris, pada anak mesti didasarkan atas kesadaran mengenai tingkat perkembangan mereka masing-masing. Dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, penguasaan kosakata oleh anak menentukan secara dominan kemampuannya dalam berkomunikasi, sehingga hal ini sebaiknya diberikan atensi khusus oleh pendidik. Menjawab tantangan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini, tulisan ini mengupas secara mendalam tentang Model Pembelajaran Talking Stick yang cenderung diperuntukkan bagi anak-anak pada usia relatif dini. Interaksi pertama mereka dengan bahasa Inggris akan sedikit banyak mempengaruhi keinginan mereka ke depan mempelajari lebih jauh bahasa Internasional ini. Model Pembelajaran Talking Stick memproyeksikan guru untuk tidak mendominasi proses pembelajaran. Bantuan tongkat diperlukan dalam metode pembelajaran ini dan bagi anak yang memegang tongkat pada gilirannya mesti menjawab pertanyaan dari guru setelah tuntas mempelajari suatu bahasan. Di samping melatih anak berbicara, model ini akan menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaran serta melatih siswa untuk berpartisipasi aktif serta kreatif.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, English Vocabulary, Anak Usia Dini


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, Irfatul. 2010. Application of Innovative Instruction Model by Means of the Talking Stick Method to Improve the Students Learning Activity on the Integrated Social Studies Subject Matter of VIIth Grade of the State Junior High School 1 of Singosari Malang. Minithesis. Asher. 1966. Total Physical ResponseTPR. [Online]. Tersedia di: http://www2.vobs.at/ludescher/ Ludescher/LAcquisition/total_ physical_respons.

Azizah, Noor. 2007. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 6 Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eggen, P.D. and Kauchak. D.P. 1996. Learning and Teaching. 2 nd ed. Needdham. Height, Massachussets: Allyn and Bacon. Fuad Ihsan. 2001. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Helmes, D. B., & Turner, J. S. 1995. Human Development (5th ed.). New York: McGraw-Hill. Hermawan, H. 2007. Media Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta:

Erlangga. Isjoni. 2009. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.

Kagan, Spencer. Kagan, Miguel. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing. Kurniasih dan Sani. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Mansyur. 1998. Strategi Belajar Mengajar, PPG 12170 / 2 SKS / Modul 1-6. Jakarta: Dirjen Pem. Kelembagaan Agama Islam dan Universitas. Terbuka.

Martati, Badruli. 2010. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Strategi Penanaman Nilai. Ganesindo. Bandung.

Moeslichatoen. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Solihatin, dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukirman, D., Jumhana N. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI Press. Sunarto, H. A. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Turner, J.S & Helms, D.B. 1995. Life Span Development. Fifth Edition. Tokyo: Harcourt Brace College Publishers. Widyatun, Diah. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). http://jurnalbidandiah. blogspot.com/. Diakses pada tanggal 27 Maret 2018.




DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA