TATANAN KEHIDUPAN BARU PADA AKOMODASI DAN RESTORAN PARIWISATA

Ni Made Rai Kristina, I Gusti Ketut Indra Pranata Darma

Sari


Industri perhotelan merupakan salah satu bagian dari dunia Pariwisata yang memegan peranan penting dimanapun berada. Peran industri perhotelan ini tidak hanya sebagai tempat untuk singgah dan beristirahat, melainkan menjadi sebuah awal dari kegiatan perekonomian dari industri lain. Datangnya virus covid-19 di awal tahun 2020, tak pelak memukul segala sektor industri yang ada didunia tidak terkecuali industri perhotelan. Selama hampir 3 bulan, masyarakat di dunia dipaksa untuk hidup berada dalam ketakutan akan virus covid-9. World Health Organization (WHO) pun menyerukan adanya “New Normal” sebagai bentuk adaptasi baru bagi seluruh masyarakat di dunia terhadap virus ini sampai ditemukan obatnya.
Berdasarkan adanya virus tersebut, industri pariwisata yang memiliki berbagai macam akomodasi ikut menyambut “New Normal” dengan mengikuti aturan-aturan ketat yang berlaku mengikuti anjuran pemerintah setempat. Pada penelitian ini akan mencoba mengetahui bentuk protokol “New Normal” pada beberapa akomodasi dan restoran di Bali yang merupakan salah satu daerah yang terdampak secara signifikan. Sehingga didapatkan langkah-langkah yang tepat untuk diterapkan bagi daerah lain dengan mengikuti kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut.


Kata Kunci


Perhotelan, Covid, New Normal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Advisory, F. I. P. H. (2020). CORONAVIRUS SARS-CoV-2 / COVID-19 PANDEMI : Information and interim guidelines for pharmacists and the pharmacy workforce Coronavirus SARS-CoV-2 / COVID-19 pandemi : (March), 0–48.

Ateljevic, I. (2020). Transforming the (tourism) world for good and (re)generating the potential ‘new normal.’ Tourism Geographies. https://doi.org/10.1080/14616688.2020.1759134

Bard, T. R. (2020). COVID-19 and a New Normal? The Journal of Pastoral Care & Counseling : JPCC. https://doi.org/10.1177/1542305020926831

Clark, K. (2020). Innovation in a post-Covid “new normal.” The Veterinary Record. https://doi.org/10.1136/vr.m1938

Cook, R. A., Hsu, C. H. C., & Taylor, L. L. (2018). Tourism : The Business of Hospitality and Travel (Sixth Edit). Pearson.

Krisdayanthi, A. (2020). New Normal Pariwisata Bali di masa Pandemi pada Daerah Tujuan Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. 2(1).

Kumar, V. (2020). Indian Tourism Industri and COVID-19: Present Scenario. Journal of Tourism and Hospitality Education. https://doi.org/10.3126/jthe.v10i0.28768

Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. ANDI Yogyakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/PERMEN ttg Standar Usaha Hotel.pdf

PHRI, B. P. P. (2020). PANDUAN UMUM NORMAL BARU HOTEL DAN RESTORAN.

Putri, E. D. H. (2018). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Deepublish.

Ranasinghe, R., Damunupola, A., Wijesundara, S., Karunarathna, C., Nawarathna, D., Gamage, S., … Idroos, A. A. (2020). Tourism after Corona: Impacts of Covid 19 Pandemi and Way Forward for Tourism, Hotel and Mice Industri in Sri Lanka. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3587170

World Health Organization. (2020). Coronavirus Disease Situation Report World Health World Health Organization Organization (Vol. 19). Retrieved from https://covid19.who.int/

Yuliana. (2020). Wellness and healthy magazine. 2(February), 187–192.

Zeegen, E. N., Yates, A. J., & Jevsevar, D. S. (2020). After the COVID-19 Pandemi: Returning to Normalcy or Returning to a New Normal? Journal of Arthroplasty. https://doi.org/10.1016/j.arth.2020.04.040




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pba.v6i2.2916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

 

View My Stats