MANFAAT LATIHAN YOGA BAGI SISWA PARIWISATA (Studi Kasus SMK Bali Dewata)

I Putu Suyasa Ariputra

Sari


Berkembangnya latihan Yoga saat ini banyak dilirik oleh beberapa kalangan sebagai suatu alternatif dalam pengembangan wisata spiritual. Terlepas dari banyaknya kontravensi terhadap Yoga sebagai wisata spiritual, tujuan dari memasukan ajaran Yoga ke dalam pembelajaran di sekolah pariwisata selain untuk menyediakan tenaga kerja pariwisata yang mimiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan pasar tetapi juga untuk mengembangkan minat dan bakat siswa terhadap Yoga. Bertitik tolak dari pemaparan di atas maka fokus dari penelitian ini ialah melihat manfaat dari latihan Yoga bagi siswa pariwisata di SMK Bali Dewata. Tujuannya ialah mendeskripsikan manfaat yang didapat oleh siswa pariwisata setelah mengikuti latihan Yoga. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menampilkan pengeloahan dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan berupa deskripsi kata-kata.

Latihan Yoga yang dilaksanakan oleh siswa pariwisata di SMK Bali Dewata secara garis besar dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu: tahap awal dimana siswa diajak untuk berdoa dan diberi informasi awal tentang latihan Yoga, selanjutnya kegiatan inti yaitu melaksanakan latihan Yoga, dan diakhiri dengan Sawasana, afirmasi, tanya jawab, dan doa. Manfaat yang berwujud ialah siswa pariwisata memiliki keterampilan Yoga yang berguna bagi dirinya dan orang-orang sekitarnya. Para penggelut pariwisata khususnya penyedia jasa pariwisata memiliki posisi strategis untuk mengembangkan peluang Yoga sebagai pariwisata spiritual.  Kemampuan yang mumpuni bagi seorang penyedia siswa pariwisata tentunya dapat menjadi nilai tambah ketika terjun ke dunia kerja, melirik dari semakin populernya Yoga dikalangan wisatawan. Manfaat yang tidak berwujud ialah kebugaran fisik dan kematangan sikap mental dalam menyikapi sesuatu. Hal ini bermanfaat sebagai siswa yang nantinya sebagai penyedia jasa di bidang pariwisata.


Kata Kunci


Manfaat, Yoga, Siswa Pariwisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Choliq, et.al. 1999. Evaluasi Proyek. Jakarta: Pinir Jaya.

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Dahar, Ratna Willis. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fadlillah, Muhamad. 2016. Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fery, M. Wong. 2011. Acu Yoga. Jakarta: Penebar Plus.

Istiarni, Panggih Rizki Dwi. 2014. Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Skripsi). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Kamajaya, Gede. 1998. Yoga Kundalini (Cara Untuk Mencapai Siddhi dan Moksa). Surabaya: Parāmita.

Krishna, Anand. 2015. Yoga Sutra Patanjali bagi Orang Modern. Jakarta: Gramedia.

Lagatama, Pradna dan Nyoman Danendra Putra. 2020. Aktivitas Yoga Sebagai Produk Pemasaran Jasa Wisata Spiritual. Jurnal Pariwisata Budaya. Vol. 5. No. 1 (30-34).

Made G. Juniartha, I Made Sugata, I Made Dwitayasa, I Made Wika, I Nyoman Piartha. 2021. Struktur Pelatihan Yoga Āsanas Bagi Anak-Anak, Remaja dan Dewasa di Sanggar Samirata. Jurnalyoga Dan Kesehatan. Vol. 4. No. 1 (21-34).

Motoyama. 2003. Theoris Of The Chakras Bridge to Higher Consciousness. New Delhi: New Age Books.

Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prabhupada, A.C.. 2006. Bhagavad Gita as It Is. Los Angeles: The Bhaktivedanta Book Trust.

Pramana, Ida Bagus Kade Yoga. 2017. Peran Instruktur Yoga dalam Mentranformasi Kesehatan di Lombok Yoga Cemter Kota Mataram (Tesis). Denpasar: IHDN Denpasar.

Sarasvati, Svami Satyananda. 2002. Asanas, Pranayama, Mudra dan Bandha. Surabaya: Paramita.

Saraswatī, Svāmī Satya Prakās. 1996. Patanjali Raja Yoga. Surabaya: Paramita.

Saraswatī, Svāmī Satya Prakās. 2005. Pātañjali Rāja Yoga (J.B.A.F. Mayor Polak Penerjemah). Surabaya: Parāmita.

Sivananda, Sri Svami. 1996. Intisari Ajaran Yoga. Surabaya: Paramitha.

Somvir, Dr. 2007. Mari Beryoga. Denpasar: PT. Empat Warna Komunikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pba.v6i2.2572

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

 

View My Stats