KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DUA GARIS BIRU KARYA LUCIA PRIANDARINI

CINTYA NURIKA IRMA

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan aspek-aspek psikologis berdasarkan kajian psikologi humanistik tokoh utama dalam novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, teknik triangulasi dan teknik analisis data merujuk pada analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis data dilakukan dengan menandai dan menentukan teks novel, mengklasifikasikan teks novel, dan menyimpulkan hasil klasifikasi teks novel yang selaras dengan kajian psikologi humanistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama mampu memenuhi aspek kebutuhan humanistik. Tujuh aspek kebutuhan humanistik antara lain kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan akan dihargai, kebutuhan intelektual, kebutuhan estetis, dan kebutuhan mengaktualisasikan diri.

 

Kata Kunci: Psikologi, Kajian Humanistik, Novel Dua Garis Biru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi dkk. 2019. Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Kajian Psikologi Humanistik. Jurnal Imajeri, Vol. 1, No. 1, p. 69-76.

Ekawati Mona dan Nevi Yarni. 2019. Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik dan Implikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran. Jurnal Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2, No. 2, p. 266-269.

Endaswara. 2013. Metodelogi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Halifah, Nur. 2013. Kajian Humanistik Psikologis Tokoh Protagonis dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 2, No. 1, p. 1-14.

Jarvis, Matt. 1993. Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Modern untuk memahami perilaku, perasaan, dan Pikiran Manusia. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Kasmi, Hendra. 2017. Kajian Humanisme dalam Novel-Novel Aceh. Jurnal Metamorfosa, Vol. 5, No. 1, p. 13-22.

Kurniawan dan Suharmono. 2017. Kepribadian Tokoh Utama dalam Skenario Film Door to Dor Kajian Humanistik Abraham Maslow. Jurnal Sapala, Vol. 3, No. 1.

Marwah dan Aam Abdussalam. Tinjauan Psikologis Humanistik dalam Pedagogik Spiritual. Jurnal Al-Musannif, Vol. 2, No. 1, p. 15–28.

Nurwatie, dkk. Perspektif Psikologi Humanistik Abraham Maslow dalam Meninjau Motif Pelaku Pembunuhan. Jurnal Ecopsy, Vol. 1, No. 4, p. 1-7.

Prahayu, Friesca Ardi Martha dkk. 2014. Kajian Psikologi Humanistik Novel Merpati Biru Karya Achmad Munif. Jurnal Publika Budaya, Vol 2, No. 2, p. 32-42.

Prakoso dan Latifatul Choir. 2009. Teori Humanisme. Malang: Universitas Negeri Malang.

Priandarini, Lucia. 2019. Dua Garis Biru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pohan, Nazli Hawalani. 2017. Faktor yang Berhubungan dengan Pernikahan Usia Dini terhadap Remaja Putri. Jurnal Endurance, Vol. 2, No. 3, p. 424-435.

Rachmahana, Ratna Syifa’a. 2008. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jurnal El Tarbawi, Vol. 1, No. 1, p. 99-114.

Wiyatmi. 2011. Psikologi Sastra Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Kanwa Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/klgw.v11i2.2121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Kalangwan Terindeks Oleh :

     

 

 
Jurnal Kalangwan berada di bawah lisensi CC BY-SA
 
 
View My Stats