ANALISIS IDEOLOGI KEPEMIMPINAN HINDU DALAM KAKAWIN NITI SASTRA

I Putu Agus Aryatnaya Giri

Sari


Sastra lahir dari sebuah ide, lalu mengeram, berkelindan, dan tumpah menjadi gagasan tentang kehidupan manusia yang diidealisasikan. Jadi, sastra pada hakikatnya adalah ideologi yang ditawarkan sastrawan. Di sana, ada nilai-nilai yang hendak ditanamkan. Kakawin Niti Sastra sebagai salah satu produk karya sastra Hindu klasik, banyak mengandung ideologi tentang kepemimpinan, sehingga perlu dikembangkan dan disebarluaskan di kalangan masyarakat. Kepemimpinan yang ideal menurut Kakawin Niti Sastra dapat dilihat dari kemampuan seorang pemimpin dalam mengaplikasikan ciri-ciri atau sifat-sifat psikologis yang positif dengan indikator Tri Kaya Parisudha. Artinya, pemimpin yang ideal menurut Kakawin Niti Sastra adalah pemimpin yang mampu mengaplikasikan konsep berfikir yang baik (Manacika Parisudha), berkata yang baik (Wacika Parisudha), dan berbuat yang baik (Kayika Parisudha) dalam menjalankan kewajibannya. Ideologi dibalik kepemimpinan Niti Sastra didasarkan pada ideologi kepemimpinan pada masa Kerajaan Majapahit yakni Catur Kotamaning Nrpati yang merupakan salah satu sistem ide karena memberikan arah dan tujuan bagi kelangsungan kepemimpinan seseorang. Ideologi tersebut dapat diuraikan kedalam empat bagian yaitu Jnana Wisesa Suddha, Kaprahitaning Praja, Kawiryan dan Wibawa.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmadja, Nengah Bawa. 2014. Saraswati Dan Ganesha Sebagai Simbol Paradigma Interpretativisme Dan Positivisme. Denpasar: Pustaka Larasan.

Cika, I Wayan. 2006. Kakawin Sabha Parwa, Analisis Filologis. Denpasar: Pustaka.

Darna, I Wayan. 2018. Niti Sastra. Denpasar: Jayapangus Press.

Gramsci, Antonio. 2000. Sejarah dan Budaya. Surabaya: Pustaka Promethea. Ebook: http://portpdf.duckdns.org/910a410a410a010a110a7/Sejarah-dan- Budaya-by-Antonio-Gramsci.pdf. Diakses pada 16 Juni 2017/ 1921 WB.

Gorda, I Gusti Ngurah. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Denpasar: Astabrata Bali bekerjasama dengan STIE Satya Dharma Singaraja

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahayana, Maman S. 2010. Akar Melayu Ideologi Dalam Sastra. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter, Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhayati, Tri Kurnia. 2012. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Eska Media.

Suhardana. 2008. Niti Sastra, Ilmu Kepemimpinan atau Management Berdasarkan Agama Hindu. Surabaya: Paramita

Surbakti. 2012. Manajeman Kepemimpinan Hati Nurani. Jakarta: PT Gramedia.

Tim. 1983. Niti Sastra Dalam Bentuk Kakawin. Jakarta: PHDI

Wiana, I Ketut. 1996. Niti Sastra, Jakarta: Dirjen Bimas Hindu dan Buddha.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/klgw.v11i2.2055

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Kalangwan Terindeks Oleh :

     

 

 
Jurnal Kalangwan berada di bawah lisensi CC BY-SA
 
 
View My Stats