MODERASI BERAGAMA DALAM KEBERAGAMAN DIMASA COVID-19 “PANDANGAN PENDIDIKAN HINDU”

I Wayan Suasta

Sari


Aktivitas kehidupan masyarakat dimasa pendemi covid-19, kini dilakukan melalui media daring. Hal itu dilakukan karena keterbatasan ruang gerak akibat pandemi covid-19,memaksa masyarakat menjadi ketergantungan pada informasi yang diperoleh melalui media daring. Begitu masifnya informasi yang terjadi melalui penggunaan media daringsejak pendemi covid-19 melanda dunia, menjadikan masyarakat harus mampu memilah dan memilih informasi secara adil dan bijak supaya tidak terjebak pada ekstremisme dan radikalisme pemahaman agama yang sempit. Disinilah moderasi dalam keberagaman dimasa Covid-19 dapat menjadi dasar pijakan dalam memilah, memilih dan memanfaatkaninformasi secara adil dan bijak.Maka dalam pandangan pendidikan Hindu, moderasi beragama dalam keberagamanadalah paham atau sikap yang menghargai semua tradisi keagaman sebagai kebenaran. Kebenaran tidak milik satu kelompok keyakinan tertentu melainkan milik semua. Semua hak-hak setiap manusia diperhatikan agar semua bisa hidup makmur dan damai. Maka alangkah baiknya jika semua kedamaian dan keharmonisan dapat diwujudkan dalam praktik nyata perilaku beragama, dengan kesadaran bahwa semua manusia hakikatnya adalah sama terdiri dari jiwa-jiwa yang suci. Semua berhak hidup di bumi sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing, bumi ini adalah rumah bersama semua mahkluk hidup. Maka dengan mantra vedaOm swastiastu, Om anubadrah kertvu yantu visvatah, Om semesta loka sukinoh bhavantu, Om santih, santih, santih, Om, dapat dijadikan prinsif dasar memaknai moderasi beragama dalam keberagaman dimasa Covid-19. 


Kata Kunci


Moderasi beragama, Keberagaman, Covid-19, Pendidikan Hindu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abror, Mhd. 2020. MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI (Kajian Islam dan Keberagaman). Rusydiah : Jurnal Pemikiran Islam Volume 2 Nomor 1, h.140.

Ais, Rohadatul. 2020. KOMUNIKASI EFEKTIF DI MASA PANDEMIC COVID-19, PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI ERA 4.0 (KKN-DR).Tangerang Banten:Makmood Publishing.

Arenggoasih, R. R. W., & Wijayanti, C. R. (2020). Pesan Kementerian Agama dalam Moderasi Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Jurusan Jurnalistik, 06, 160–176.

Gilang. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. LUTFI GILANG Banyumas, Jawa Tengah:LUTFI GILANG.

Karda, dkk. 2007. Sisitem Pendidikan Agama Hindu (Berdasarkan SK Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2002). Surabaya : Paramita.

Kementerian Agama RI. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Kusnanto. 2009. Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia. Semarang, Jawa Tengah : ALPRIN:

Lubis, M. Ridwan. 2015. Agama dalam diskursus intelektual dan pergumulan kehidupan beragma di Indonesia. Jakarta : PKUB Kementrian Agama RI.

Madjid, Nurcholish. 1987. Islam Kemodernan dan Ke-Indonesiaan. Bandung : Mizan.

Maswinara, I. Wayan. 1997. BHAGAWAD GITA, Dalam Bahsa Inggris dan Indonesia. Surabaya : Paramita.

Maswinara, I. Wayan. 2004. Veda Sruti, Rg. Veda Samhita (Sakala Skha), Resensi dari Sakala, Mandala IV, V, VI, VII. Surabaya: Paramita.

Muhtarom, Ali. Dkk. 2020. Moderasi Beragama, Konsep, Nilai, dan Strategi Pengebangannya di Pasantren. Jakarta : Yayasan Talibuana Nisantara.

Muhyidin, A., Rosyad, R., Rahman, M. T., & Huriani, Y. (2020). Urgensi Penjelasan Keagamaan terhadap Keluarga Suspek Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di RSU Pakuwon, Sumedang. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(1), 35–42.

Novia, Washilatun dan Wasehudin. 2020. “Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang” Jurnal Studi Agama-Agama, 3 (2), 99-106.

PHDI Pusat. 2000. Himpunan Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-Aspek Agama Hindu I-XV. Denpasar: Pemerintah Propensi Bali, Proyek Peningkatan Sarana dan Prasarana Kehidupan Beragama.

Rahman, T. (2013). “Indianization” of Indonesia in an Historical Sketch. International Journal of Nusantara Islam, 1(2), 56–64.

Redaksi Sinar Grafika. 2007. Undang-Undang Rebuplik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sisitem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.

Rusman, dkk. 2021. COVID-19 DAN PSIKOSOSIAL MASYARAKAT DI MASA PANDEMI. Pekalongan, Jawa Tengah :NEM

Saidurrahman & Arifinsyah, 2018. NALAR KERUKUNAN, Merawat Keragaman Bangsa Mengawal NKRI. Jakarta : KENCANA.

Somvir. 2021. 108 MUTIARA VEDA UNTUK KEHDUPAN SEHARI-HARI. SURABAYA : Paramita

Suharto, Babun. 2019.Moderasi Beragama: Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta : LKiS.

Suasta, I. Wayan. 2010. Pembelajaran Agama Hindu Berwawasan Multikultural Di Perguruan Tinggi Hindu. Denpasar Bali : Sari Kahyangan Indonesia.

Tim Penyusun. 2020. KELAS KEBERAGAMAN, Sebuah Harapan Untuk Perdamaian. Malang : CEMPLU AKSARA.

Titib, I Made. 1998. Veda Sabda Suci, Pedoman Praktis Kehidupan.Surbaya : Paramita.




DOI: https://doi.org/10.25078/japam.v1i2.2902

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Jurnal Pendidikan Agama berada dibawah lisensi CC BY-SA

View My Stats

live draw sgp