PENGEMBANGAN IMAN ANAK DALAM KOMUNITAS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA YANG BERKUALITAS

Hermawan Winditya

Sari


Arus kehidupan modern yang semakin maju dan tantangan zaman yang semakin kompleks memaksa anak-anak sejak dini untuk mendapat pendidikan iman yang berkualitas. Pendidikan iman yang berkualitas akan menjadi dasar yang kuat menghadapi tantangan zaman yang semakin tidak mudah. Oleh karena itu, anak-anak perlu dibekali dengan berbagai hal yang mendukung persiapan mereka menggapai masa depan yang gemilang. Pengalaman dalam kegiatan komunitas menjadi bekal untuk mengembangkan kehidupan iman anak-anak. Keluarga dan sekolah menjadi kumunitas dasar yang akan menuntun mereka menuju pada pengalaman iman yang mendewasakan. Kehidupan iman pribadi yang dewasa dan mendalam merupakan perisai yang ampuh untuk memerangi berbagai bentuk sekularisme, hedonisme dan konsumerisme yang simpang-siur dalam kehidupan masyarakat modern. Pendidikan agama yang kreatif akan membantu anak-anak mengembangkan imannya secara berkualitas melalui berbagai metode belajar yang kontekstual. Pendidikan berbasis pengalaman menjadikan setiap pribadi belajar dari pengalaman untuk akhirnya dapat saling memberi dan berbagi bagi yang lain serta mendukung bagi perkembangan setiap pribadi secara utuh. Menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas tapi berintegritas dalam setiap aspek kehidupan.


Kata Kunci


Iman anak, Pendidikan agama berbasis pengalaman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmadja, Hadinoto. 1990. Dialog dan Edukasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Benawa, Arcadius. 2016. Iman Tiga Dimensi. Jakarta: Hegel Pustaka

Dewey, lolvn. 2002. Pengalaman Dan Pendidikan. Yogyakarta: KepelPress

Fowler, James. 1995. Teori Perkembangan Kepercayaan: Karya- karya Penting James W. Fowler. Yogyakarta: Kanisius.

Koesoema, Doni. 2021. Inspirasi Praktik Baik Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Kanisius.

Komisi Kateketik KWI. 2000. Petunjuk Umum Katekese. Jakarta: Depertemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.

Prasetya, L. 2009. Dasar-dasar Pendampingan Iman Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Putranto, Hendar. 2020. Mengembangkan Kompetensi Komunikasi Antarbudaya. Jakarta: Wade Group

Seymour, Jack L. 1997. Mapping Christian Education: Approaches to Congregational Learning. Nashville: Abingdon Press.

Supamo, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Winkel, WS. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.25078/japam.v1i2.2901

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Jurnal Pendidikan Agama berada dibawah lisensi CC BY-SA

View My Stats

live draw sgp