DINAMIKA PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN I GADUNG SARI

Ni Made Sukarini, Ni Nengah Selasih

Sari


Pandemi covid 19 berdampak pada segala bidang kehidupan, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar tatap muka.Sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh(daring) dengan memanfaatkan teknologi informasi.Meskipun masih banyak kendala yang dialami baik oleh peserta didik maupun pendidik.Di sisi lain, pembelajaran di masa pandemi ini memberikan pengalaman yang luar biasa bagi peserta didik dan pendidik. Kegiatan pembelajaran daring menyisipkan rasa ketidakpuasan bagi guru dalam   menyalurkan materi karena pelaksanaan pembelajaran secara daring ini lebih menekankan kepada penugasan. Ditambah lagi dengan kurangnya minat dan motivikasi belajar dari peserta didik untuk membaca materi, dimana media pembelajaran melalui What App grup didominasi oleh pesan teks yang melatar belakangi hasil belajar peserta didik menjadi menurun


Kata Kunci


Covid-19, Pembelajaran jarak jauh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqip, Zaidal 2002. Propfesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia

Arikunto, 2001. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas, 2003. Kurikulum berbasis Kompetensi. Standar Kompetensi. Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Sekolah Menengah Atas. Jakarta. Departemen pendidikan Nasional

Farouk dan Ojali, 2003. Metodologi penelitian SosialnBunga Rampai. Jakarta PTIK Press

Gorda, I Gusti Ngurah, 1990. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial Praktis. Denpasar: Undiknas.

James A. Black dan Dean J. Champion, 1999. Metode dan Masalah penelitian sosial. Bandung: Refika Aditama Bandung.

Kadjeng, dkk, 2001. Sarasamuscaya. Pemda Provinsi Bali

Kadjeng, dkk, 2005. Sarasamuscaya. Pemda Provinsi Bali

Kattsoff, 2004, Pengantar Filsafat, Penerjemah, Soerjono Soemargono. Tiara Wacana. Yogyakarta

Lorens Bagus, 2000, Kamus Filsafat, Gramedia, Jakarta

Moleong, Lexi J, 2001. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Moleong, Lexi J, 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduan, 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung:Alfa Beta

Maswinara, 1996. Slokantara. Parisada Hindu Dharma Pusat.

Titib I Made, 2003. Menumbuhkembangkan Bhudi Pekerti Pada Anak. Jakarta: Parisadha Hindu Dharma Indonesia Pusat.

Tim , 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zuriah, Nurul. 2005. Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara Kirk dan Miller (dalam Zuriah, 2005: 92)




DOI: https://doi.org/10.25078/japam.v1i2.2737

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Jurnal Pendidikan Agama berada dibawah lisensi CC BY-SA

View My Stats

live draw sgp