RELEVANSI PEMIKIRAN FILOSOFIS KI HADJAR DEWANTARA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN HINDU

Gede Agus Siswadi

Sari


Artikel ini berupaya untuk menelisik pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang merupakan bapak pendidikan nasional. Dengan konsep pendidikan melalui “Tripusat Pendidikan” diantaranya keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain itu konsep “Trilogi” yang beliau sampaikan mengenai ing ngarso sung tulada, ing madya mangun karsa dan tut wuri handayani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengamatan sumber-sumber bacaan. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang dasar dari pendidikan dan pengajaran Ki Hadjar Dewantara bersumber dari panca dharmanya. Dasar-dasar tersebut adalah: (1) kemanusiaan, (2) kodrat hidup, (3) kebangsaan, (4) kebudayaan, dan (5) kemerdekaan/ kebebasan. Metode belajar yang diusung oleh Ki Hadjar Dewantara adalah metode among. Among memiliki makna menjaga kelangsungan hidup batin peserta didik dengan mendampingi dan mengarahkan. Bukan hanya membiarkan perkembangan batin peserta didik namun juga menjaga agar keadaan batin peserta didik tetap dalam keadaan baik. Konsep pendidikan yang disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara memiliki relevansinya dengan konsep pendidikan yang terdapat dalam Hindu seperti jenjang pendidikan pada anak, konsep aguron-guron, mendidik karakter anak serta teks-teks pada kitab suci veda yang menjelaskan tentang sistem pendidikan Hindu


Kata Kunci


Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan Hindu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muthoifin, & Jinan, M. 2015. Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Pemikiran Karakter Dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam. Profetika.

Neolaka, Amos & Grace Amialia. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengendalian Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Prenada Media Group: Jakarta.

Noventari, Widya. 2016. Kajian Konsep dan Praktek Sistem Pendidikan Taman Siswa sesuai dengan Alam Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sebelas Maret.

Samho, Bartolomeu dan Oscar Yasonari. 2010. Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Tantangan-Tantangan Implementasinya di Indonesia Dewasa ini. Bandung: LPPM Universitas Katolik Parahyangan.

Samho, B. 2014. Pendidikan Karakter Dalam Kultur Globalisasi: Inspirasi Dari Ki Hadjar Dewantara. Melintas: Bandung.

Tilaar. H.A.R. 2015. Pedagogik Teoretis untuk Indonesia. PT Kompas Media Nusantara: Jakarta.

Titib, I Made. 2003. Menumbuhkembangkan Pendidikan Budi Pekerti pada Anak. Ganeça Exact: Bandung.

Wiana, I Ketut. 1997. Cara Belajar Agama Hindu yang Baik. Yayasan Dharma Narada: Denpasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/japam.v1i2.2653

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Jurnal Pendidikan Agama berada dibawah lisensi CC BY-SA

View My Stats