MENUMBUHKAN KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK DI MASA PEMBELAJARAN ONLINE SEBAGAI IMPLIKASI DARI COVID-19 DI SMK NEGERI 5 DENPASAR

I Kadek Arta Jaya

Sari


Saat ini hampir disemua Negara diseluruh dunia mengalami krisis akibat telah terjangkit Corona Virus Disease (COVID-19). Virus ini awalnya muncul di Negara China, tepatnya di Kota Wuhan pada bulan Desember di akhir tahun 2019. Covid-19 ini sangat berbahaya karena penularannya dari manusia ke manusia lain begitu cepat dan bahkan sampai saat belum ada obat yang dapat menanggulangi virus corona tersebut.tak terkecuali di Indonesia, yang semakin hari jumlah kasus COVID-19 semakin meningkat dengan pesat. Akibat adanya wabah ini sangat berdampak besar hampir di seluruh aspek kehidupan, mulai dari aspek ekonomi, sosial, budaya, bahkan pendidikan. Hampir disemua jenjang pendidikan yang awalnya dilakukan pembelajaran disekolah kini beralih menjadi pembelajaran secara daring/online. Jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendidikan karakter mandiri terhadap peserta didik selama pembelajaran daring/online. Kajian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dengan melihat hasil dari survey dan jurnal-jurnal dari media elektronik. Kesimpulan dari jurnal ini adalah adanya implementasi penanaman karakter mandiri terhadap peserta didik selama proses pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Denpasar

Kata Kunci


ber217an

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, R. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan.1, (1). 85-98.

Alma, B. 2015. Pembelajaran Studi Sosial: Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum dn Perbukuan.

Kuntarti, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Indonesia Language Education and Literature. 3, (10, 99-110.

Masriah, Sukerstiyorno dan Susiolo, B.E. 2015. Pengembangan Karakter Mandiri dan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran MMP Pendekatan Atong Materi Geometri. Unnes Jurnal Mathematics Educations. 4 (2), 157-163.

Mona, N. 2020. Konseo Isolasi dalam Jaringan sosial untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. 2 (2), 117-125.

Mustari, M. 2011. Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Sagala, S. 2011. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Samani, M & Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Karakter anak di Sekolah, Madrasah dan Rumah. Bandung: as@-prima.

Wibowo, A. 2017. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuriah, N. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2794

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Guna Widya terindex

     

]