POLA ASUH DALAM KELUARGA DAN PENGARUHNYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER

Nurliani Siregar, Hasahatan Hutahaean, Minar Aprinita Meka, Regita Depari, Romiana Hasugian, Tiur Mida Tambunan, Wahyuni Sitepu, Emia Kesya Ruliati Ginting

Sari


Penelitian ini mencari Pola Mendidik Anak kepada warga dusun Pintubesi yang menganut agama Hindu. Pola Mendidik Anak adalah suatu proses yang dilakukan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak dari bayi hingga dewasa. Dan penelitian mengetahui bagaimana cara mendidik anak dalam Umat Agama Hindu serta persamaan atau perbedaan yang tampak dengan penganut agama lain disana. Dari observasi awal diduga bahwa semua warga dengan latar agama masing-masing di Pintubesi mempunyai pola yang sama dalam mendidik anak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaf degan triangulasi wawancara, menyebar angket dan diskusi bersama. hasilnya dinyatakan bahwa sebagai orang tua harus mampu mendidik anak agar tumbuh menjadi anak yang baik (suputra) dan berguna bagi sesama. Selain itu, orang tua juga harus mampu menanamkan nilai-nilai positif kepada anak sehingga pola pertumbuhan anak sesuai dengan yang diajarkan oleh Agama Hindu. Dari sisi budaya tidak tampak perbedaan pengasuhan anak diantara warga yang bersuku karo di Desa Pintu Besi, meski dengan agama berbeda.

Kata Kunci


educating children; Hinduism; pattern of educating; Karo people

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, A. Z. (2019). Toleransi dalam Agama Hindu; Aplikasi Ajaran dan Praktiknya di Pura Jala Siddhi Amertha Sidoarjo. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(2). https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i2.60

Artayasa, I. W. (2021). AJARAN BHATARA SIWADALAM LONTAR ANDHA BHUWANAKAJIAN PENDIDIKAN KARAKTER. GUNA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 8(1), 101–111. https://doi.org/10.25078/gw.v8i1.1866

Astawa, I. N. S. (2018). Pola Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 88–110. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i1.40

Caecilia Triastuti dan Ingrid Listiat. (2020). Pandangan ajaran iman Katolik mengenai pendidikan. Katolisitas.Org.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1), 1–6. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf

Desa, K. (2020). Data Penduduk Laurakit (Data PC Kades; p. 12). Kantor Kepala Desa Laurakit.

Gandhi, M. . (1996). The Essence of Hinduism. Navajivan Publishing House Ahmedabad-380 014, 2(1), 241.

Jayendra, P. S., & Semadi, G. N. Y. (2020). ESENSI ETIKA DAN MORALITAS DALAM KITAB NITI SATAKA. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 9(2). https://doi.org/10.25078/klgw.v9i2.1228

Mansur, S. (2017). Kerukunan dalam Perspektif Agama-Agama di Indonesia. Aqlania, 8(2). https://doi.org/10.32678/aqlania.v8i02.1025

Nurlensi, -. (2019). PENDIDIKAN DAN NILAI NILAI MORALITAS DALAM AJARAN MAHABHARATA BAGI UMAT HINDU. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.33363/ba.v8i1.299

Purba, A. (2020). Tanggung Jawab Orang tua Kristen dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 4(1), 86–97. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v4i1.148

Sanjaya, P. (2019). MENDIDIK ANAK MENJADI SUPUTRA MENURUT TEKS CANAKYA NITISASTRA. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(2), 47–51. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.738

Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23–29. https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313

Susilawati, L. R. (2020). Peran Orangtua Tunggal Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Hindu Pada Anak. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11(3), 190–201. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v11i3.363

Suteja, J. (2017). DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Utami, R. R., & Asih, M. K. (2017). Konsep Diri Dan Rasa Bersalah Pada Anak Didik Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kutoharjo. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 123–132. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.563




DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2462

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Guna Widya terindex

     

]