PENGEMBANGAN KOMPETENSI 4C DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS CATUR PRAMANA

I Komang Wisnu Budi Wijaya

Sari


Era revolusi industri 4.0 menuntut setiap individu memiliki kompetensi berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative), berkomunikasi (communication) dan bekerjasama (collaboration). Keempat kompetensi itu dikenal dengan kompetensi 4C. Selain itu penguasaan sains juga mutlak dilakukan sebab sains adalah pijakan untuk menjadi negara maju. Penguasaan sains akan mudah dilakukan jika setiap siswa memiliki keterampilan proses sains. Pengembangan kompetensi 4C dan keterampilan proses sains dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Catur Pramana. Catur Pramana adalah empat cara memperoleh pengetahuan yaitu Sabda Pramana (mendengarkan), Praktyasa Pramana (mengamati), Anumana Pramana (bernalar) dan Upamana Pramana (membandingkan). Setiap kegiatan pembelajaran pada masing-masing aspek Catur Pramana mendorong siswa untuk mengembangkan kompetensi 4C dan keterampilan proses sains.

Kata Kunci : kompetensi 4C, keterampilan, proses, sains, Catur Pramana


Kata Kunci


Kata Kunci : kompetensi 4C, keterampilan, proses, sains, Catur Pramana

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atminingsih. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Proceeding Biology Education Conference (, 868–872.

Kerti, N. N. (2018). PENERAPAN CATUR PRAMANA SEBAGAI METODE ILMIAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AGAMA HINDU. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 87–94.

Munandar. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pendit, S. (2007). Filsafat Hindu Dharma: Sad-Darśana. Denpasar: Bali Post.

Purwati. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN KUADRAT PADA PEMBELAJARANMODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING. Kadikma, 7(1), 84–93.

Risamasu. (2016). PERAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sugiyarti. (2018). PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Suja, I. W. (2009). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SIKLUS BELAJAR CATUR PRAMANA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(1), 30–36.

Suja, I. W. (2012). IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERMUATAN KONTEN SAINS ASLI DAN KONTEKS PEDAGOGI CATUR PRAMANA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(2), 178–188.

Suja, I. W. (2017). INTEGRASI KEARIFAN LOKAL KE DALAM KURIKULUM ILMU ALAMIAH DASAR. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/gw.v7i1.1263

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Guna Widya terindex

     

]