PERANAN GURU AGAMA HINDU DALAM BIMBINGAN KONSELING KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR

I Gede Dharman Gunawan Gunawan

Sari


Guru agama Hindu memegang peranan penting dalam pembentukan karakter siswa melalui bimbingan konseling yang optimal. Karenanya kemampuan guru dalam mengatur dan mengendalikan kegiatan belajar mengajar sangat penting. Bahkan sikap guru sering dijadikan pedoman oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Besarnya pengaruh tersebut mengharuskan guru untuk bersikap dan bertindak hati-hati serta selalu memberikan bimbingan konseling kepada siswa yang menghadapi masalah belajar. Peranan guru Agama Hindu dalam bimbingan konseling kepada siswa sekolah dasar masih perlu ditingkatkan dan lebih dioptimalkan lagi, sehingga siswa mampu menemukan solusi penyelesaian alternatif jika menghadapi masalah belajar. setiap siswa di sekolah dasar memiliki kemampuan belajar maupun masalah belajar yang berbeda-beda. Tentunya guru agama Hindu harus mengetahui karakteristik dari setiap siswa. karena setiap siswa memiliki perbedaan karakter, minat, bakat, motivasi belajar dan masalah belajar.


Kata Kunci


Guru Agama Hindu, Bimbingan Konseling, Siswa Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga kependidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ridwan, Amin. 2017. Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Prayitno, dkk. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Depdiknas.

Wina, Senjaya. 2006. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/aw.v3i1.910

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312