PEMANFAATAN CERITA BERGAMBAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 4 KUBU BANGLI

Ni Luh Ekayani, Kadek Aria Prima Dewi PF, I Gede Tilem Pastika

Sari


Minat baca merupakan dorongan kuat yang disertai dengan upaya seseorang untuk membaca. Membaca memiliki peran penting pada kemajuan suatu negara. Namun, faktanya banyak siswa khususnya di sekolah dasar memiliki minat baca yang rendah. Hal ini ditenggarai karena bahan bacaan yang kurang menarik. Oleh karena itu diperlukan bahan bacaan yang menarik dan dapat menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui: (1) Implementasi pemanfaatan cerita bergambar dalam menumbuhkan minat baca siswa di SD Negeri 4 Kubu, (2) Perkembangan minat baca siswa melalui pemanfaatan cerita bergambar di SD Negeri 4 Kubu, (3) kendala-kendala dalam pemanfaatan cerita bergambar dalam menumbuhkan minat baca siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teori yang digunakan yaitu teori behaviorisme yang dikemukakan oleh Ivan Petrovich Pavlov dan teori motivasi yang dikemukakan oleh B.F Skinner. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dikumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian (1) Implementasi cerita gambar yang dibahas mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) minat baca siswa tumbuh melalui pemanfaatan cerita bergambar yang disasarkan pada indikator minat membaca yaitu : kebutuhan terhadap bahan bacaan, tidakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bahan bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, dan keinginan untuk selalu membaca. (3) kendala-kendala dalam pemanfaatan cerita bergamar yaitu: kondisi fisik, kondisi psikis, terbatasnya jumlah cerita yang sama, kemampuan membaca, kuota internet, lingkungan, dan orang tua.


Kata Kunci


Cerita Bergambar, Minat Baca, Literasi, Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Fauziyah, dkk. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa PGSD UPP Tegal Untuk Membaca Buku di Perpustakaan. Laporan Penelitian Institusional Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah.

Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugriyantoro, B. 2005. Sastra Anak Pengantar Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Purwanto, dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Journal Of Education, Volume 02, Nomor 01 (hlm. 1-12).

Sheu Hsiu-Chih. 2008. The Value of English Picture Story Books. Oxford University Press. Versi Web

Sugiyono. 1992. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wilder-Smith, A., & Freedman, D.O. 2020. Isolation, Quarantine, Social Distancing and Community Containment: Pivotal Role For Old-Style Public Health Measures In The Novel Coronavirus (2019-nCoV) Outbreak. Journal Of Travel Medicine, (hlm. 1-4)

Satori dan Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312