ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI JEPANG, FINLANDIA, CHINA DAN INDONESIA DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

Abd. Qadir Muslim, I Gede Sedana Suci, Muhammad Rizki Pratama

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pendidikan yang mendukung SDGs pendidikan berkualitas di beberapa negara dan juga untuk memberikan solusi bagi kebijakan pendidikan di Indonesia yang berkaitan dengan SDGs pendidikan berkualitas. Metode yang digunakan yaitu library research dengan mengambil referensi dari buku, website, dan jurnal internasional. Sustainable Development Goals atau yang biasa disingkat SDGs merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang dihasilkan dari KTT PBB pada tahun 2012. Salah satu dari 17 tujuan yang dihasilkan yaitu mengenai pendidikan berkualitas. Untuk mendukung pendidikan berkualitas di semua negara tentu diperlukan sebuah kebijakan pendidikan. Beberapa negara seperti Jepang, Finlandia, Cina, dan Indonesia telah menunjukan adanya kebijakan pendidikan yang diterbitkan untuk mendukung SDGs pendidikan berkualitas. Jepang membuktikan kebijakan yang mendukung SDGs dengan diberlakukannya pendidikan gratis dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi, lalu Jepang juga melakukan upaya untuk meningkatkan pendidikan kebutuhan khusus. Di Finlandia, SDGs telah menjadi salah satu dari tujuh topik yang ditekankan dalam kurikulum inti untuk pendidikan dasar. Kebijakan pendidikan di China adalah berupaya mengarahkan fungsi pendidikan menuju sumber daya masyarakat dan individu, dan menumbuhkan kualitas pendidikan kewarganegaraan. Di Indonesia kebijakannya untuk peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas pendidik dan sarana pendukung pendidikan, peningkatan layanan pendidikan, dan memperkuat dan mengembangkan pendidikan karakter.


Kata Kunci


Kebijakan, Pendidikan, SDGs.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anttila, K., 2014. Education for Sustainable Development - Best Practices from Finland, Japan: UNESCO.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, n.d. bappeda.jogjaprov.go.id. [Online] Available at: http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/sdgs/detail/4-pendidikan- bermutu

[Accessed 24 April 2020].

Bell, L. & Stevenson, H., 2006. Education Policy : Process, Themes and Impact.

st ed. London: Routledge.

Boeren, E., 2019. Understanding Sustainable Development Goal (SDG) 4 on "Quality Education" from Micro, Meso and Macro Perspectives. International Review of Education, 65(2), pp. 277-294.

Department of the Senate, 2019. Foreign Affairs, Defence and Trade References Committee. Australia: Commonwealth of Australia.

Han, Q., 2015. Education for Sustainable Development and Climate Change Education in China : A Status Report. Journal of Education for Sustainable Development, 9(1), pp. 62-77.

Jie, N. D., 2016. Towards A Framework of Education Policy Analysis. s.l.:The Head Foundation.

Kothari, C., 1990. Research Methodology : Methods and Techniques. Second Revised Edition ed. Jaipur: New Age International Publisher.

Ministry of Foreign Affairs of Japan, 2017. Japan's Voluntary National Review : Report on the Implementation of the Sustainable Development Goals, Japan: s.n.

Nolet, V., 2017. Quality Education : Cultural Competence and A Sustainability Worldview. Kappa Delta Pi Record, 53(4), pp. 162-167.

Otero, J. A. & de Lazaro y Torres, M. L., 2018. Education in Sustainable Development Goals Using the Spatial Data Infrastructures and The TPACK Model. Education Sciences, 8(171), pp. 1-14.

Romane, V. & Pont, B., 2017. Education Policy Implementation : A Literature Review and Proposed Framework. Paris: OECD Publishing.

Schinkel, A., De Ruyter, D. J. & Aviram, A., 2015. Education and Life's Meaning.

Journal of Philosophy of Education, 50(3), pp. 398-418.

Tirri, K., Moran, S. & Mariano, J. M., 2016. Education for Pusposeful Teaching Around The World. Journal of Education for Teaching, 42(5), pp. 526-531.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

United Nations, n.d. sustainabledevelopment.un.org. [Online] Available at: https://sustainabledevelopment.un.org/sdg4 [Accessed 23 April 2020].

Williams, C., 2007. Research Methods. Journal of Business & Economic Research,

(3), pp. 65-72.

Yuan, D., Gui, M. & Shen, X., 2019. Building a Learning City for Sustainable Development : Spotlight on Beijing, China. New Directions for Adult and Continuing Education, Issue 162, pp. 37-48.




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312