PENERAPAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aziz, Amrullah. 2015. “Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Studi Islam 10(2):14.
Basuki, Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Fiteriani, Ida. 2017. “Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasipada Materi IPA dI MIN Bandar Lampung.” TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4:30.
Juliani, Ana, Ali Mustadi, and Intan Lisnawati. 2021. “‘Make A Match Model’ for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results.” Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 3(1):48–56. doi: 10.23917/ijolae.v3i1.10269.
Kaharuddin, Andi. 2018. “Keefektifan Model Make A Match dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Marioriwawo.” Madrasah 11(1):13. doi: 10.18860/madrasah.v11i1.5563.
Kurniawan, A., N. Y. Rustaman, I. Kaniawati, and L. Hasanah. 2017. “Profile of Cognitive Ability and Multiple Intelligence of Vocational Students in Application of Electric Energy Conservation.” Journal of Physics: Conference Series 895:012165. doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012165.
Melda, Efa, and Tomi Hidayat. 2019. “Kemampuan Kognitif Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri danProject Based Learning SMPN 5 Seluma.” P. 10 in.
Mikran, Mikran, Marungkil Pasaribu, and I. Wayan Darmadi. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini pada Konsep Gerak.” JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 2(2):9. doi: 10.22487/j25805924.2014.v2.i2.2781.
Mustajab, Amin, Samsul Bahri, and Ya Julyanto. 2020. “7-Step PBL: Problem Solving Ability of Students in Work and Energy.” 5(3):8.
Prihatiningsih, Eko, and Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(1):1. doi: 10.30870/jpsd.v4i1.1441.
Prihatni, Yuli, Kumaidi Kumaidi, and Mundilarto Mundilarto. 2016. “Pengembangan Instrumen Diagnostik Kognitif Pada Mata Pelajaran IPA DI SMP.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(1):111–25. doi: 10.21831/pep.v20i1.7524.
Rijal, Syamsu, and Suhaedir Bachtiar. 2015. “Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Bioedukatika 3(2):15. doi: 10.26555/bioedukatika.v3i2.4149.
Sirait, Makmur, and Putri Adilah Noer. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal INPAFI. 1:8.
Subekti, Yuliana, and Ariswan Ariswan. 2016. “Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2(2):252. doi: 10.21831/jipi.v2i2.6278.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanti, Vera Dewi. 2018. “Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 3:13.
Tarigan, Daitin. 2014. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang.” Jurnal Kreano 7.
Wibowo, Krisno Prastyo, and Marzuki Marzuki. 2015. “Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 2(2):158–69. doi: 10.21831/hsjpi.v2i2.7667.
Widayati, Ani. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6(1). doi: 10.21831/jpai.v6i1.1793.
Wiyoko, Tri, and Aprizan Aprizan. 2020. “Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar.” IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education 2(1):28. doi: 10.29300/ijisedu.v2i1.2384.
DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2497
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.