PENERAPAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA

Amin Mustajab, Tri Syamsijulianto, Hamdiah Susanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dan untuk melihat tingkat keberhasilan penerapan model Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VI semester II Sekolah Dasar Negeri 13 Pesing Kecamatan Sekayam tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI dengan jumlah peserta didik 18 orang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan.Penulis menerapkan keberhasilan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPAdi kelas VI sekolah Dasar Negeri 13 Pesing.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pre test dan post test dalam bentuk uraian dan non-tes (observasi). Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I pertemuan 1 ke siklus II sebesar 61% dengan kategori sangat baik. Pada siklus II terdapat 89% persentase tingkat keberhasilan pembelajaran peserta didik sudah berada pada kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata nilai pada siklus II sebesar 82, penelitian ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Dari uraian hasil belajar kognitif tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik sehingga tujuan dari penelitian ini tercapai dengan hasil yang memuaskan.

Kata Kunci


Model Make A Match; Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziz, Amrullah. 2015. “Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Studi Islam 10(2):14.

Basuki, Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Fiteriani, Ida. 2017. “Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasipada Materi IPA dI MIN Bandar Lampung.” TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4:30.

Juliani, Ana, Ali Mustadi, and Intan Lisnawati. 2021. “‘Make A Match Model’ for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results.” Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 3(1):48–56. doi: 10.23917/ijolae.v3i1.10269.

Kaharuddin, Andi. 2018. “Keefektifan Model Make A Match dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Marioriwawo.” Madrasah 11(1):13. doi: 10.18860/madrasah.v11i1.5563.

Kurniawan, A., N. Y. Rustaman, I. Kaniawati, and L. Hasanah. 2017. “Profile of Cognitive Ability and Multiple Intelligence of Vocational Students in Application of Electric Energy Conservation.” Journal of Physics: Conference Series 895:012165. doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012165.

Melda, Efa, and Tomi Hidayat. 2019. “Kemampuan Kognitif Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri danProject Based Learning SMPN 5 Seluma.” P. 10 in.

Mikran, Mikran, Marungkil Pasaribu, and I. Wayan Darmadi. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini pada Konsep Gerak.” JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 2(2):9. doi: 10.22487/j25805924.2014.v2.i2.2781.

Mustajab, Amin, Samsul Bahri, and Ya Julyanto. 2020. “7-Step PBL: Problem Solving Ability of Students in Work and Energy.” 5(3):8.

Prihatiningsih, Eko, and Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(1):1. doi: 10.30870/jpsd.v4i1.1441.

Prihatni, Yuli, Kumaidi Kumaidi, and Mundilarto Mundilarto. 2016. “Pengembangan Instrumen Diagnostik Kognitif Pada Mata Pelajaran IPA DI SMP.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(1):111–25. doi: 10.21831/pep.v20i1.7524.

Rijal, Syamsu, and Suhaedir Bachtiar. 2015. “Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Bioedukatika 3(2):15. doi: 10.26555/bioedukatika.v3i2.4149.

Sirait, Makmur, and Putri Adilah Noer. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal INPAFI. 1:8.

Subekti, Yuliana, and Ariswan Ariswan. 2016. “Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2(2):252. doi: 10.21831/jipi.v2i2.6278.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanti, Vera Dewi. 2018. “Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 3:13.

Tarigan, Daitin. 2014. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang.” Jurnal Kreano 7.

Wibowo, Krisno Prastyo, and Marzuki Marzuki. 2015. “Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 2(2):158–69. doi: 10.21831/hsjpi.v2i2.7667.

Widayati, Ani. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6(1). doi: 10.21831/jpai.v6i1.1793.

Wiyoko, Tri, and Aprizan Aprizan. 2020. “Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar.” IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education 2(1):28. doi: 10.29300/ijisedu.v2i1.2384.




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2497

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312