PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

Kadek Yudista Witraguna, Ni Nyoman Tri Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika di Kelas V SD Negeri Hindu 4 Batuan dan meningkatkan hasil belajar geometri siswa Kelas V SD Negeri Hindu 4 Batuan melalui penerapan Blended Learning berbantuan GeoGebra sebagai media pembelajaran.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan  evaluasi, serta tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Hindu 4 batuan yang terdiri dari 28 siswa dengan objek penelitian yaitu hasil belajar geometri siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar geometri siswa meningkat dari 70,2 menjadi 80,5 dan ketuntasan belajar meningkat dari 67,9% menjadi 85,7%. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan Blended Learning berbantuan GeoGebra sebagai media pembelajaran dengan rata-rata 62,9. Penerapan Blended Learning berbantuan GeoGebra mampu meningkatkan hasil belajar geometri siswa Kelas V SD Negeri Hindu 4 Batuan karena Blended Learning memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri melalui media GeoGebra yang telah disediakan, siswa tetap memperoleh bimbingan langsung oleh guru melalui pembelajaran tatap muka menggunakan video conference, dan media GeoGebra dapat membantu siswa mengeksplorasi objek geometri yang dipelajari

Kata Kunci


Blended Learning, GeoGebra, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The Effects of GeoGebra on Students Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172(2007), 208–214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.356

Botana, F., Hohenwarter, M., Janičić, P., Kovács, Z., Petrović, I., Recio, T., & Weitzhofer, S. (2015). Automated Theorem Proving in GeoGebra: Current Achievements. Journal of Automated Reasoning, 55(1), 39–59. https://doi.org/10.1007/s10817-015-9326-4

Dewi, D. A. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Blended Learning Berbasis Multi Aplikasi Sebagai Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14, 27–32.

Galang, A., Suryaningtiyas, W., & Kristanti, F. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMPN 38 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 10. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.97

Gumilang, M. R., Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives, 3(2), 185–196.

Gusmawan, D. M., & Priatna, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 93–100. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.22871

Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Www.Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Khairani, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194

Syarif, I. (2013). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

Syofran, A. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 84. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.893

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edisi Khusus, 1, 63–75. http://jurnal.upi.edu/file/7-Ety_Mukhlesi_Yeni.pdf




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2341

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312