FENOMENA BULLYING PADA TEMAN SEBAYA DI SDN NO 123 TANASSANG

Nirmalasari Nirmalasari, Hasmiati Hasmiati, Nurjannah Nurjannah

Sari


Penelitian ini berangkat dari sebuah fenomena yang menyita perhatian dunia pendidikan zaman sekarang dimana kekerasan (bullying) di sekolah, baik yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, maupun oleh siswa terhadap siswa lainnya. Bentuk –bentuk tindakan bullying pun beragam. Banyak sebab siswa melakukan perilaku bullying. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk-bentuk tindakan/perilaku bullying (2) Faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research). Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk tindakan bullying yang terjadi di Sekolah Dasar khususnya di SDN No. 123 Tanassang adalah tindakan bullying secara fisik dan tindakan bullying secara psikis/mental. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya bullying yaitu adanya pengaruh teman, lingkungan atau pergaulan siswa, dan siswa merasa lebih hebat diantara teman lainnya.

Kata Kunci


Fenomena Bullying, Psikis, Mental

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, N., Hasan, H., Mahmud, A.R. (2016). Perilaku Bullying yang Terjadi di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah 1(2), 37-45.

Kurnia, I. (2016). Bullying. Yogyakarta: Relasi Intimedia.

Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68-79.

Rahayu, B.A., Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa 7(3), 237-246.

Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak, Jakarta: PT Grasindo.

Sucipto. (2012). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya. PSIKOPEDAGOGIA, 1(1), 67-86.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf dan RxD, Cet, XXIII; Bandung: Alfabeta.

Ulfah, W.V., Mahmudah, S., Ambarwati, R.M. (2017). Fenomena School Bullying yang Tak Berujung. Journal Universitas Negeri Semarang 5(2), 98-107.

Wiyani, N.A. (2012). Save Our Children from School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2340

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312