LKDP-GUIDED INQUIRY: PENGEMBANGANNYA PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN
Sari
Bahan ajar sebagai sumber informasi dapat berfungsi untuk keperluan pembelajaran atau penyampaian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, respon peserta didik dan pendidik terhadap LKPD dengan pendekatan quided inquiry materi organ gerak hewan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan jenis model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan di MI di Kabupaten Pringsewu untuk pengambilan data respon peserta didik dan pendidik. Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi sebesar 79,89% dengan kategori sangat baik, ahli media dengan presentasi sebesar 76,66% dan kategori layak, ahli Bahasa dengan presentasi sebesar 78,75%. Respon pendidik sebesar 96,25% dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan respon peserta didik terhadap uji skala kecil dengan presentasi sebesar 92.50%, dan uji skala besar dengan presentasi sebesar 83,20%. Sehingga LKPD dengan pendekatan guided inquiry layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Media ini dapat dijadikan solusi dalam pembelajaran kedepannya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adhayul Faridah, L. (2014). Pengembangan Ensiklopedia dan LKS Invertebrata Laut untuk Pembelajaran Biologi. BioEdu, 3(3).
Andari, T., & Lusiana, R. (2020). Teaching material topology: Development in metacognitive ability. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012021.
Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11.
Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran matematika di kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145–155.
Badjeber, R., & Fatimah, S. (2015). Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP melalui pembelajaran inkuiri model alberta. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 18–26.
Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiryyang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1).
Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendidikan multikultural menggunakan permainan untuk mengembangkan karakter siswa. Unnes Science Education Journal, 5(1).
Erna, M., Rery, R. U., & Astuti, W. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia di sma pekanbaru melalui penerapan strategi pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 17–27.
Fataturrohmah, A., Masykur, R., & Suherman, S. (2017). PENGARUH MODEL CINTA BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, 21–27.
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98–106.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40.
Fiteriani, I., & Solekha, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2015/2016. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103–120.
Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249–258.
Handoko, A., Sajidan, S., & Maridi, M. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(3), 144–154.
Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.
Hartini, S. (2020). Pengembangan LKS dengan model inquiry discovery learning (IDL) untuk melatihkan keterampilan proses sains pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.
Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49–54.
Komarudin, Pranata, D., Nurhasanah, U., & Suherman. (2020). Developing Islamic-Friendly Android Mobile Apps for Understanding Mathematical Concepts. 1st Raden Intan International Conference on Muslim Societies and Social Sciences (RIICMuSSS 2019), 110–117.
Laila, N. (2019). The Influence of Guided Inquiry Learning Model with LKPD Assistance on Attitude Competencies of Class XI Students of SMAN 1 Sungayang. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 15(2), 171–175.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.
Maharani, A. A. P., & Widhiasih, L. K. S. (2016). Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru Saat Pelajaran Bahasa Inggris di SD Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 5(2).
Muhsam, J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Inkuiri Terintegrasi Life Skills Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 14–21.
Muliani, N. M., & Muniksu, I. M. S. (2020). METODE MENYENANGKAN BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK SD. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–9.
Novia, R., Hufri, H., & Dwiridal, L. (2017). Pengembangan LKPD Berorientasi Inkuiri Terbimbing pada Materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan untuk Siswa Sma/Ma Kelas X. Pillar of Physics Education, 10(1).
Nugraheni, D. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inquiry materi pengukuran untuk meningkatkan kreativitas siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 98–103.
Oktaria, D., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2013). Pengembangan website bahan ajar turunan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2).
Prasetya, C., Gani, A., & Sulastri, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1), 34–41.
Purwitha, D. G. (2020). MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM SEBAGAI PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 49–55.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Putri, A. N., & Susanti, R. (2020). The Application of Guided Inquiry using LKPD on Animal Tissue Topic and its Impact to Science Process Skills and Students’ Outcome Learning. Journal of Biology Education, 9(1), 36–42.
Rahayu, N. (2017). Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan inquiry terhadap penguasaan konsep dan scientific skill materi sistem pencernaan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 70–77.
Rahmadani, N. A., Vidákovich, T., Fitria, N., Putri, N. I. S., Addarojat, M. R., & Priadi, M. (2021). SQ3R method assisted by ethnomathematics-oriented student worksheet: The impact of mathematical concepts understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012059.
Rahmi, R., & Wati, M. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing dan multimedia pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 173–184.
Sada, H. J., Mudhofar, H., Putra, R. W. Y., Yanti, Y., & Suherman. (2020). Developing Teaching Materials of the Subject of Islamic Moralities and Tasawuf. 1st Raden Intan International Conference on Muslim Societies and Social Sciences (RIICMuSSS 2019), 67–72.
Saputro, H. B., & Soeharto, S. (2015). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–72.
Skelton, T. (2008). Research with children and young people: Exploring the tensions between ethics, competence and participation. Children’s Geographies, 6(1), 21–36.
Suherman, S., Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., & Laksono, P. (2020). Improving higher order thinking skills (hots) with project based learning (pjbl) model assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012027.
Susilawati, S., & Ishafit, I. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Learning Berbantuan Media Simulasi dengan Modellus pada Materi Gerak Melingkar Beraturan. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(1), 29–34.
Syamsul, H., Suherman, S., Komarudin, K., Muhamad, S., & Rofiqul, U. (2020). The Effectiveness of Al-Qurun Teaching Model (ATM) Viewed from Gender Differences: The Impact on Mathematical Problem-Solving Ability. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 1467, 1–8.
Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179–185.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165–172.
Widyastuti, R., Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2020). Understanding mathematical concept: The effect of savi learning model with probing-prompting techniques viewed from self-concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012060.
Widyastuti, R., Retnosari, T. D., & Mudrikah, I. (2021). Construct 2 learning media developments to improve understanding skills. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012051.
Wildan, W., Hakim, A., & Supriadi, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 3(2).
Yasin, M., Huda, S., Septiana, R., & Palupi, E. K. (2020). Mathematical critical thinking ability: The effect of scramble learning model assisted by prezi in islamic school. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012007.
Yuliyanto, Y., & Jailani, J. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri SMP menggunakan metode penemuan terbimbing pada kelas VIII Semester II. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 127–138.
DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2339
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.