MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING GUNA MEMBENTUK SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR: SEBUAH KERANGKA KONSEPTUAL

Hayatul Khairul Rahmat, Syahti Pernanda, Mutiara Hasanah, Akhmad Muzaki, Ela Nurmalasari, Lathifatuddini Rusdi

Sari


Abstrak:

Sikap peduli lingkungan merupakan suatu sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan di sekitar dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Melalui sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar tidak sekedar mengetahui pentingnya menjaga lingkungan tetapi juga menguatkan rasa keingintahuan bagaimana cara menjaga lingkungan. Karenanya perlu sebuah model pembelajaran guna mewujudkan terbentuknya sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar yaitu menggunakan model pembelajaran discovery learning. Adapun tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep model pembelajaran discovery learning guna membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa di sekolah dasar. Tulisan ini menggunakan metode studi literatur. Melalui model pembelajaran discovery learning membuat siswa mampu menggunakan kemampuan intelektualnya guna memecahkan cara menjaga lingkungan sekitarnya.

Kata Kunci: Discovery Learning; Model Pembelajaran; Sikap Peduli Lingkungan.


Abstract:

Environmental care is an attitude and action that always seeks to prevent damage to the surrounding environment and develop efforts to repair the damage. Through a caring attitude for the environment, elementary school students do not only know the importance of protecting the environment but also strengthen their curiosity about how to protect the environment. Therefore we need a learning model in order to realize the formation of environmental care attitudes in elementary school students, namely using discovery learning learning model. The purpose of this paper is to describe the concept of discovery learning learning model in order to form a caring attitude towards students in elementary schools. This paper uses a literature study method. Through the discovery learning model, students are able to use their intellectual abilities to solve ways of protecting their surroundings..

Keywords: Discovery Learning; Learning Model; Environmental Care Attitude.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hosan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajar Abad 21. Bandung: Ghalia Indonesia.

Husna, V. A. (2015). Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pokok Pesawat Sederhana di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan Tahun 2014/2015. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo.

Ibung, D. (2009). Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ilahi, M. T. (2002). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta : Diva Press.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khairunnisak. (2016). Penerapan Metode Discovery Learning Pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 12 Banda Aceh. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry.

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(2), 332-337.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noviana, R. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning dan Gaya Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMN 1 Setia Bakti. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry.

Rahmat, H. K., & Alawiyah, D. (2020). Konseling Traumatik: Sebuah Strategi Guna Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 6(1), 34-44.

Rahmat, H. K., Kasmi, & Kurniadi, A. (2020). Integrasi dan Interkoneksi Pendidikan Kebencanaan dan Nilai-Nilai Qur’ani dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 455-461.

Rahmat, H. K., Nurmalasari, E., & Basri, A. S. H. (2018). Implementasi Konseling Krisis Terintegrasi Sufi Healing Untuk Menangani Trauma Anak Usia Dini pada Situasi Krisis Pasca Bencana. Prosiding Seminar Nasional PIT ke- 5 Riset Kebencanaan IABI 2018, 671-678.

Sahuda, N. A. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Melalui Discovery Learning Kelas IV Semester Genap di MI Nurissibyan Semarang. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Supomo, B., & Indriantoro, N. (2002). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarifah. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Banda Aceh: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Winarni, E. W. (2018). Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: FKIP UNIB Press.

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312