PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR SISWA

Ni Wayan Arini

Sari


Guru merupakan sumber daya manusia yang menjadi perencana, pelaku dan penentu tercapainya tujuan pendidikan. Untuk itu dalam menunjang kegiatan guru diperlukan iklim sekolah yang kondusif dan hubungan yang baik antar unsur-unsur yang ada di sekolah antara lain kepala sekolah, guru, tenaga administrasi dan siswa. Kinerja guru (performance) merupakan hasil yang dicapai oleh guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta penggunaan waktu. Upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja itu biasanya dilakukan dengan cara memberikan motivasi.Motivasi merupakan suatu kekuatan potensial yang ada pada diri seseorang manusia, yang dapat dikembangkannya sendiri, atau dikembangkan oleh sejumlah kekuatan luar yang pada intinya sekitar imbalan moneter, dan imbalan nonmoneter, yang dapat mempengaruhi hasil kinerjanya secara positif atau negatif, hal mana tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang yang bersangkutan. Motivasi bukan timbul dari dalam diri manusia saja, melainkan juga dari kekuatan-kekuatan linkungan yang mempengaruhi individu untuk melakukan sesuatu berdasarkan/tujuan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya untuk dicapai. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya gairah kerja guru, agar guru mau bekerja keras dengan menyumbangkan segenap kemampuan, pikiran, keterampilan untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Para guru mempunyai cadangan energi potensial, bagaimana energi tersebut akan dilepaskan atau digunakan tergantung pada kekuatan dorongan motivasi seseorang dan situasi serta peluang yang tersedia.


Kata Kunci


Kinerja Guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, Sofan.2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar & Menengah. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Dikmenum.2001. Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Dekdikbud.

Peraturan Mendiknas No 07 Tahun 2007 Tentang Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Pengembangan Penjaminan Mutu sekolah. 2003. Konsep Dasar Program Penjaminan Mutu Sekolah. Lembaga Penelitian, Universitas Pendidikan Indonesia,

Winardi. 2001. Motovasi Kinerja Guru. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1114

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312