IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Ni Made Sitiasih

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Peguyangan di Kelas III    semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan tujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan  model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia  siswa kelas III  semester II tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar dengan metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif karena data yang diperoleh masih berbentuk angka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: untuk data awal  63,5    data siklus I terjadi peningkatan 66,73 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,19. Setelah dilakukan analisis dari data yang ada maka diperoleh kesimpulan Penggunaan model pembelajaran CTL( Contextual Teaching And Learning) jika dilaksanakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


Kata Kunci


Contextual Teaching And Learning ,Prestasi belajar, bahasa Indonesia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah..

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Irianto, Agus. 1989. Bahan Ajaran Statistika Pendidikan (Buku Kedua). Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana prenada media group




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312