KONOTASI NAMA-NAMA DIRI: SEBUAH STUDI TENTANG SIKAP BAHASA DOSEN DILIHAT DARI PERSEPSI MEREKA TENTANG TINGKAT KECERDASAN MAHASISWA BERDASARKAN NAMA-NAMA MEREKA

Iwan Indrawan

Sari


Nama-nama diri tidak hanya dibuat untuk mendenotasikan diri pemilik nama, melainkan juga untuk mengkonotasikan hal-hal tertentu. Penelitian ini mengkaji konotasi nama-nama diri orang Hindu-Bali dengan sampel nama-nama mahasiswa di IHDN Denpasar yangberpola leksikon tertentu dan mengaitkannya dengan persepsi para dosen tentang tingkat kecerdasan si pemilik nama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selain mengkonotasikan tingkat kecintaan dan wawasan ke-Hindu-an (keluarga) pemilik nama,nama-nama yang mengambil unsur-unsur bahasa Sanskerta dan/atau bahasa Bali  mempengaruhi persepsi dosen tentang tingkat kecerdasan si pemilik nama. Dari sudut pandang sosiolinguistik, konotasi tersebut menunjukkan variasi sikap bahasa dosen terhadap bahasa Bali, Sanskerta, dan bahasa asing lainnya.

 

kata kunci: nama diri, konotasi, sikap bahasa, kecerdasan mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antara. I Gusti Putu. 2004. Sistem Tatanama Orang Bali. Singaraja: Yayasan Kawi Sastra Mandala

Astika, I Nyoman, dkk. 1992. “Penamaan Orang dalam Masyarakat Bali di Desa Darmasaba” (Laporan Penelitian) Denpasar: Fakultas Sastra Universitas Udayana)

Beratha, Sutjiati, 2009. ‘Peran Semantik dalam Penerjemahan’ (dalam Tim Editor BPMU2009: 36-51: Pemikiran Kritis Guru Besar Universitas Udayana Bidang Sastra dan Budaya) Denpasar: Penerbit Universitas Udayana

Bungin, B. 2008b. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Chaer, Abdul.1995.Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta:Rineka Cipta

Crystal, David. 1987. The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge Univeristy Press

Djajasudarma, Fatimah HJ. 2006. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Djojosuroto, Kinayati. 2006. Filsafat Bahasa: Buku yang Mengulas tentang Bahasa dari Paradigma yang Substansial hingga Contoh Analisis Praktis. Yogyakarta: Pustaka Publisher

Eco, Umberto. 1976. Teori Semiotika: Siginifkasi, komunikasi, Teori Kode, Serta Teori Produksi Tanda. (terjemahan Inyiak Ridwan Musir) Bantul: Kreasi Wacana

Eichelberger, R.Tony. 1989. Disciplined Inquiry: Understanding and Doing Educational Research. New York: Longman

Evans, Gareth. The Causal Theory of Names (dalam Martinich, A.P. ed., 1996)

Halliday, MAK.1973. Explorations in the Functions of Language. London: Edward Arnold

Idrus, M. 2007. Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: UII Press.

Jendra, Made Iwan Indrawan, 2010.Sosiologi Bahasa Bali: Pengantar bagi Pemahaman Konsep-konsep dan Teori-teori Sosiolinguistik untuk Kajian Pemakaian dan Pendidikan Bahasa Bali. Denpasar: Vidia

Juniarta, I Wayan. 2008. Bungklang Bungkling. Ubud: Museum Pendet Bale Bali

Kramsch, Claire.1998.Language and Culture. Oxford: Oxford University Press

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mbete, Aron Meko.2003. Linguistik Kebudayaan: Rintisan Konsep dan Beberapa Aspek Kajiannya. (Bawa, I Wayan & Cika, I Wayan (ed.), 2004). Denpasar: Penerbit Universitas Udayana

________________2009. ‘Bahasa dan Budaya Lokal Minoritas: Asal-Muasal, Ancaman Kepunahan, dan Ancangan Pemberdayaan dalam Kerangka Pola Ilmiah Pokok Kebudayaan Universitas Udayana.’ (dalam Tim Editor BPMU, 2009: 83-110. Pemikiran Kritis Guru Besar Universitas Udayana Bidang Sastra dan Budaya) Denpasar: Penerbit Universitas Udayana

Moleong, Lexy.2008.Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Kedua. Bandung. Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pastika, I Wayan. 2004. Antropologi Linguistik vs Linguistik Antropologi vs Sosiolinguistik. (Bawa, I Wayan & Cika, I Wayan. (ed.) 2004). Denpasar: Penerbit Universitas Udayana

Rahardi, Kunjana.2002. Dimensi-Dimensi Kebahasaan: Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Jakarta: Penerbit Erlangga

Santoso, Riyadi. 2003. Semiotika Sosial: Pandangan terhadap Bahasa. Surabaya: Pustaka Eureka

Shan, Wareing & Linda, Thomas (ed.) 1999. Language, Society and Power. London: Routledge

Sibarani, Robert. 2004. Antropolinguistik: Antropologi Linguistik Linguistik Antropologi. Medan: Penerbit Poda

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Suastra, I Made. 2001. Language Change: A Sociolinguistic Study of Balinese in Urban Setting.(Linguistika, Maret, 2001. Program Magister (S2) Linguistik Universitas Udayana Bali

Suaradnyana, I Ketut. 2007. “ Arti Sebuah Nama” dalam Widyaswara, Majalah Ilmiah Universitas Dwijendra, No. 0852-7768. Denpasar: Universitas Dwijendra

Sudarsana, I. K. (2015). Inovasi Pembelajaran Agama Hindu di Sekolah Berbasis Multikulturalisme. In Seminar Nasional (No. ISBN: 978-602-71567-3-9, pp. 94-101). Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar.

Sudarsana, I. K. (2014). Kebertahanan Tradisi Magibung Sebagai Kearifan Lokal dalam Menjaga Persaudaraan Masyarakat Hindu. In Seminar Nasional (No. ISBN: 978-602-71598-0-8, pp. 137-143). Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar.

Sudaryanto, 1986. Metode Linguistik : Bagian Pertama Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

_________, 1993. Metode dan Aneka Tehnik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Sugiono, 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Alfabeta

_______, 2008. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfa Beta.

Suhardi, Basuki. 1996. Sikap Bahasa. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia

Ullman, Stephen. 1977. Semantics: An Introduction to the Science of Meaning. Oxford: BasilBlackwell

Wareing, Shan. What is Language and What does it Do? (Wareing, Shan & Thomas, Linda (ed.)1999:1-15). London: Routledge

Widiastuti, Rr Jenny.2003.’Makna Nama bagi Orang Cina Warga Negara Indonesia di Kota Yogyakarta’ (tesis) Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Winford, Donald.2003. An Introduction to Contact Linguistics. Oxford: Blackwell Publishing

Ziang, Zhao-Zi and Shao Chang-Zong. Markedness in Universal Grammar and Second Language Acquisition (US-China Education Review, August 2006 Volume 3 No 8 (serial No.21) (in http://www.teacher.org.cn/doc/ucedu200608/ucedu20060815.pdf)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Google Scholar Logo IPI