Penguatan Nilai Agama Dalam Perkembangan Moral Anak Usia Dini
Sari
Pendidikan Anak Usia Dini berfungsi membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak pada usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya. Penguatan nilai agama sebaiknya dikembangkan sejak dini agar saat dewasa anak dapat menghadapi dilema kehidupan dan dapat menjaga keseimbangan hidup. Agama mencakup keyakinan atau kepercayaan, pemujaan terhadap apa yang diyakini, dan aturan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang berdasarkan sistem kepercayaan dan sistem ibadah. Tertanamnya nilai moral yang mapan pada anak-anak akan membuatnya mampu berperilaku sopan dan santun kepada siapa pun, dan mampu menghormati orang lain. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Penguatan nilai agama tercermin dalam perkembangan moral anak sehingga anak menjadi tahu yang baik dan buruk, benar maupun salah. Penguatan nilai agama dalam perkembangan moral dapat diberikan kepada anak sesuai dengan usianya menggunakan metode keteladanan, diskusi, bermain peran, outbond, bernyanyi, karyawisata, pembiasaan, bermain, dan bercerita.
Kata Kunci: nilai agama, perkembangan moral, anak usia dini
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. doi: 10.31004/obsesi.v1i1.28
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Essa, E. L. (2011). Introduction to Early Childhood Education. Canada: Wadsworth Cengage Learning.
Dahl, A., & Killen, M. (2018). A developmental perspective on the origins of morality in infancy and early childhood. Frontiers in Psychology, 9(SEP), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01736
Fatmawati, N., & Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Metode Bercerita (Tentang Kisah – Kisah Nabi dan Rosul) Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Th di 13 RA. Perwanida Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2017-2018. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 332– 337. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/285
Hidayat, O. S. (2000). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka
Kilpatrick, William. 1993. Why Johnny can't tell right from wrong: And what we can do about it. Simon and Schuster.
Krogh, Suzanne L., and Kristine L. Slentz. (2011). Early Childhood Education: Yesterday, Today, and Tomorrow. London: Routledge.
Kurnia, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral di TK. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Machsunah, Yayuk Chayatun. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pendidik (Studi Kasus Di Lbb Taman Pintar: Sahabat Sekolah Anak Lamongan). Journal Stkip Pgri Lamongan, Vol.1 No.2
Masganti, S. (2014). Psikologi Agama. Medan: Perdana Puplishing.
Nurhayati, N., Awalunisah, S., & Amrullah, A. (2019). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Akrab Juara, 4(2), 181–195. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/576
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Jurnal Paramurobi, 1(1).
Oktarina, A., & Maemonah. (2019). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Pendidikan Aud.Jurnal UIN Jogyakarta, VI(2), 64–88. Diambil dari https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7277
Ozbey, S. (2014). A Study on Preschool Children ’ s Perceptions of Moral and Social Rules. International Journal of Humanities and Social Science, 4(11), 149–159.
Putri Hana Pebriana. (2017). Ananlisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng, 1 (2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Risnawati, Vivit. 2012. Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona Paud, Vol.1.No. 2
Rozalena Rozalena, Muhammad Kristiawan. 2017. Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Mnajemen, Kepemimpinan, Supervisi Pendidikan, Vol 2, No 1 https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1155 DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Sapendi, Sapendi. 2015. Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, Vol. 9. No. 2
Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology Theory and Practice. United States of America: Johns Hopkins University.
Sufa, F. F., & Setiawan, H. Y. (2017). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun Pada Pembelajaran Berbasis Komputer Anak Usia Dini. RESEARCH FAIR UNISRI, 1(1).
Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Media Pustaka Phonix.
Usakli, H. (2010). Early childhood education: The case of Turkey. Sage Journals, 11(2), 215– 218. https://doi.org/10.2304/ciec.2010.11.2.215
Yunaida, Hana; Rosita, Tita. 2018. Outbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Comm-Edu (Community Education Journal), Vo. 1 No.1
Zainab, Zainab. 2012. Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Tk Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona Paud, Vol 1. No.03
Zelvi, A. (2017). Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kampung Gambiran Pandeyan Umbulharjo. Pendidikan Anak Usia Dini, 20–33.
DOI: https://doi.org/10.25078/vs.v7i2.3070
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.


