IMPLEMENTASI AJARAN BAKTI DALAM MEMBENTUK ETIKA MASYARAKAT DESA SONGAN A DAN B KINTAMANI, BANGLI

Gede Rai Parsua

Sari


Masyarakat  songan  percaya  dengan  adanya pupun, yang oleh desa songan dipercaya sebagai parhyangan ratu sakti madue. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat  yang  akan mengaturkan banten / upacara  di  pupun  yang  memuput  adalah  jro  dasaran  (sejenis jro mangku).Jro dasaran itu adalahjro dasaran ratu sakti madue, kedudukan ajaran bakti sangat berperan dalam membentuk etika masyarakat songan. Pada umumnya ajaran bakti otomatis sudah ada dalam kepercayaan masyarakat karena kepercayaan di desa songan di ibarat kan seperti layaknya manusia yaitu bersaudara (kakak-adik), bersepupu, anak, orang tua, sehinggaantara yang satu dengan yang lainnya saling  menghormati

Nilai Pendidikan Bakti terlihat adanya pemujaan kepada Bhatara Satimaan atau Ratu Satimaan ada yang bersaudara bersuami istri maka keakraban tersebut ditiru oleh masyarakat Songan. Pendidikan filsafat dalam penelitian ini terlihat dalam Bhatara/Ratu Satiamaan diantaranya ; Sa itu satu sebutan Ratu Sakti Nunggal, Ti itu tiga sebutan Ratu Sakti Tiga, Maan itu Manca yaitu lima. Pendidikan kebersamaan dapat dilihat  dalam setiap odalan/upacara di masing-masing pura dimana antara ratu/bhatara yang satu dengan yang lainnya ketika ngiring (berjalan) berurutan yang lebih tua duluan begitu juga masyarakat Songan ada istilah Kubayan, Jro Gede, Bau, Panyarikan saling menghormati dalam berbagai kegiatan. Nilai Etika dari  Kepercayaan  Songan dapat dilihat masing-masing pratima Bhatara Satimaan dan Bhatara Manca ditempatkan dengan berurutan sesuai dengan yang lebih tua yang mana urutannya yang lebih tua sampai yang paling muda.

 

Kata Kunci  : Implementasi, Ajaran Bakti, Membentuk Etika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Brahman. 2010. Persepsi dan Pelaksanaan Ajaran Catur Yoga Dalam Memuja Tuhan pada Masyarakat Hindu Studi : Kasusu di kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Tesis Pasca Sarjana IHDN Denpasar

Arnawa. 2011. Pendidikan Budi Kerti Pada Teks Satua Babaung Teken Be Jagul. Tesis Pasca Sarjana IHDN Denpasar

Alwasilah, A. Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif. Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta : Pt. Dunia Pustaka Jawa

Asri Sulastri, 2013. Pembelajaran Agama Hindu Dalam Meningkatkan Srdha dan Bakti Siswa SD 9 Sumerta Denpasar. Tesis Pasca Sarjana IHDN Denpasar

Bhagawan Sri Sathya Sai Baba. 1992. Pancaran Penerangan (Terjemahan : Vidya Vahini). Jakartra : yayasan Sri Satya Sai Indonesia.

Bhagawan Sri Sathya Sai Baba. 1995. Wacana Musim Panas (Terjemahan:Summer Shower in Brindawan). Jakarta : Yayasan Sri Sai Dahar. RW. 1989. Teori- teori belajar. Jakarta : Erlangga.

Babad Catur Sanak Warih Ida Mpu Kamareka Miwah Pra Sanak Bali Mula. 2005

Burhan Bungin. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Bernard Raho, SVD. Teori Sosiologi Modern. Jakarta : Prestasi Pustaka

Calvin, S. Hall & Gaedner Lenzey. 2000. Teori-teori Sifat dan Behavioristik.. Jakarta : Karnisius.

Djoni Gingsir. Seri Sejarah Babad Pasek Kayu Selem. Jakarta : Yayasan Diah Tantri Lembaga Babad Bali Agung

Eka Suwandayani. 2012. Penanaman Pendidikan Budi Pekerti Oleh Orang Tua Hindu Dalam Membentuk Anak Suputra Di Asrama Sudirman Lingkungan Wira Satya Denpasar. Tesis Pasca Sarjana IHDN Denpasar

I Gede Kinten, 2005. Konsep Ketuhanan Dalam Teks Ganapati Tatwa : Tesis Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

I Gusti Ngurah Rai, 2005. Aspek Ketuhanan Dalam Kakawin Arjuna Wiwaha (Kajian, Bentuk, Fungsi dan Makna) : Tesis Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

I Gede Kinten, 2005. Implementasi Ajaran Bakti dalam membentuk etika di desa SonganDalam Teks Ganapati Tatwa : Tesis Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

I Made Agus Yudiarsana, 2006. Penerapan Konsep Tri Murti dalam Proses Pemujaan Pada Komunitas Hindu Di Kota Mataram : Tesis Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Fatchan. 2004. Teori-teori Perubahan Sosial. Surabaya : Yayasan Kampusina

Karyadi, 2006. Kedalaman Sradha dan Bhakti Bagi Narapidana Hindu Setelah Terjadi Pembinaan di lembaga pemasyarakatan mataram (Kajian Psikologi dan Sosiologi). Tesis Pasca Sarjana IHDN Denpasar

Lorens Bagus. 2000. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy, J. 1993. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Maswinara. 1999. Weda Sruti Rgweda Samhita. Surabaya : Paramita

Margono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Neuman, W Lawrence. 2003. Sosial Research Methods, Qualitative and Quantitative Approach. AB, Boston : New York.

Oka, IG. 1994. Slokantara. Jakarta : Hanuman Sakti.

Rispawati. 2000. Upaya Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Agama Hindu di SMU melalui Optimalisasi Penggunaan Ktrampilan Dasar Mengajar. Denpasar : Program Pasca Sarjana UNHI.

Robert H. Lauer. 1989. Perspektif tentang Perubahan Sosial. Jakarta : Bina Aksara.

Rai Soga, 2006. Aspek Ketuhanan Dalam Kitab Purana (Kajian Pemahaman Dan Implementasinya pada Umat Hindu di Kota Mataram : Tesis Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Paul B. Horton. Sosiologi. Jakarta : Erlangga.

Pudja, G. 2003. Manawa Dharmasastra (Manu Dharmasastra). Jakarta : Mitra Jaya

Pusat Kurikulum. 2004. Kurikulum dan hasil Belajar. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

Parmajaya. 2006. Pola Interaksi Kelas (Study Etnografi Kualitas Interaksi Pembelajaran Agama Hindu di Sekolah Dasar No 7 Banjar Jawa, Singaraja). Singaraja : Jurnal lmiah Pendidikan dan Pembelajaran Prog Pasca IKIPN Singaraja.

Pendit, S. 1984. Bhagawadgita. Denpasar : Lembaga Penyelenggara Penterjemah dan Penerbit kitab Suci Weda dan Dharma Bhakti.

Proyek Penyusunan Sejarah Bali Pemerintah Daerah Tingkat I Bali. 1986. Sejarah Bali. Denpasar

Puniatmadja, Oka. 1976. Sila Krama. Jakarta : Parisadha Hindu Dharma Pusat

Puniatmadja, Oka. 1994. Dharma Sastra. Jakarta : Hanuman Sakti

Sri Swami Sivananda. 2008. Konsentrasi Dan Meditasi. Surabaya : Paramita

Sudarsana, I. K. (2015). Peran Pendidikan Non Formal dalam Pemberdayaan Perempuan. In Seminar Nasional (No. ISBN: 978-602-72630-0-0, pp. 135-139). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat IHDN Denpasar.

Sudarsana, I. K. (2013). Pentingnya Organisasi Profesi, Sertifikasi dan Akreditasi sebagai Penguatan Eksistensi Pendidikan Nonformal. In International Seminar (No. ISBN: 978-602-17016-2-1, pp. 176-187). Department Of Nonformal Faculty Of Education UPI.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudikan, Setya Yuana. 2001. Metode penelitian kebudayaan. Surabaya : Citra Wacana.

Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (dari Densin Guba dan Penerapannya). Yogyakarta : PT. Tiara Wacana.

Sudikan, Setya Yuana. 2001. Metode penelitian kebudayaan. Surabaya : Citra Wacana.

Tiwi Etika, 2005. Aspek Ketuhanan Dalam Kitab Panaturan, Serta Identifikasinya Dipandang dari Teologi Hindu : Tesis Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Yin, Robert. K. 2000. Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta : PT Grafindo


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Google Scholar Logo IPI