STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

Ni Putu Sinta

Sari


Kebjiakan pembelajaran Daring adalah salah satu dilematis yang dihadapi oleh peserta didik dan pendidik. Berbagai hambatan dan rintangan, tentunya membuat pembelajaran daring  memiliki dampak positif dan negative. Di luar dampak tersebut, Pendidik musti beradaptasi dengan learning management system, dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat kepada peserta didik. Hal ini juga dialami oleh Guru Agama Hindu kelas X yang mengalami beberapa kesulitan ketika memberlakukan strategi pembelajaran yang tepat kepada siswanya. Guru kemudian menemukan strategi pembelajaran inkuiri yang dirasa membuat pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti lebih bermakna dan sesuai dengan prinsip 4c yaitu communication, collaboration, creative, dan critical thinking. Penyusunan artikel jurnal  ini menggunakan metode  penelitian kualitatif dengan studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data Miles dan Huberman digunakan dalam penyusunan artikel ini yaitu data reduction, data display, dan conclusion.  Teori belajar konstruktivistik yang dikembangkan oleh Jean Piaget dan teori koneksionisme Thorndike digunakan sebagai pisau dan sudut pandang interaktif yang mengalir pada sub pembahasan. Penyusunan artikel ini bertujuan untuk mengetahui alasan, proses, serta implikasi dari penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas X SMA Negeri 2 Denpasar.


Kata Kunci


Strategi Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Maswan dan Muslimin. 2017. Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran dilengkapi 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu

Raka. 2014. Diktat Strategi Pembelajaran. Denpasar: UNHI

Sandika. 2011. Pendidikan Menurut Weda Sadhana Spiritual bagi Generasi Muda. Surabaya: Paramitha

Pohan. 2019. Filsafat Pendidikan : Teori Klasik hingga Post Moderenisme dan Problematikanya di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. 2020. Metode Penyusunan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Wahyuningsih dan Makmur. 2017. E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika

Warnita. 2020. Mengoptimalkan Penggunaan Model Inquiri Learning Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Peserta Didik Kelas IV Semester Satu Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SD Negeri 34 Cakranegara terdapat di dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/indeXVol. 4. No. 2 Maret 2020

https://disdikpora.baliprov.go.id/wp-content/uploads/2020/03/SE-51-SATGAS-COVID-KEBIJAKAN-PENDIDIKAN-DI-PROVINSI-BALI.pdf diakses pada tanggal 18 Mei 2021


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.