MENANAMKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA ANAK MELALUI PENERAPAN LANDASAN SOSIAL BUDAYA

Ni Luh Putu Eka Darma Patni, Gek Diah Desi Sentana

Sari


Pendidikan adalah proses merubah seseorang menuju kematangan. Pendidikan menjadikan manusia bermakna bagi dirinya sendiri, lingkungan, masyarakat, bangsa, dan Negara.  Guna mencapai tujuan ini maka pendidikan harus memiliki landasan – landasan dalam proses kegiatannya. Manusia adalah mahluk ciptaan tuhan yang maha kuasa dan merupakan mahluk sosial budaya.  Dalam menjalani kehidupan manusia tedak terlepas dari pemahaman konsep diri yang tertanam pada individu seseorang. Karena konsep diri seseorang dapat mempengaruhi sikap, perilaku dan pola piker seseorang dalam mencapai suatu keberhasilan. Landasan pendidikan sosial budaya merupakan salah satu landasan yang dapat dijadikan panduan untuk mewujudkan individu yang baik. Dengan menanamkan konsep diri positif pada masa anak-anak diharapkan dapat menjadikan individu yang mampu memberikan pengaruh positif dilingkungan masyarakat sekitarnya.


Kata Kunci


konsep diri positif, landasan sosial budaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatimah, N. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung : Pusaka Setia

Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan. Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia Jakarta : Rineka Cipta.

Syamsu Yusuf L.N.2007. Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Ruswandi, Uus Hermawan Heris, A. Nurhamzah, 2008, Landasan Pendidikan, Bandung : CV. Insan Mandiri.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.