MEMBENTUK KARAKTER SISWA DENGAN MENERAPKAN TRI HITA KARANA DALAM AJARAN AGAMA HINDU

I Made Cahyadi, Ni Made Sukerni

Sari


Tri Hita Karana di lingkungan sekolah dasar merupakan upaya dalam pembelajaran agama Hindu dalam mengembangkan ke tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Melalui Pendidikan Agama siswa Agama Hindu dibimbing agar selalu membina hubungan yang harmonis dengan Tuhan, sesama dan dengan lingkungan. Ajaran Tri Hita Karana akan terwujud melalui keseimbangan dalam pelaksanaannya dalam menjaga hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesamanya, dan manusia dengan alam lingkungannya. Dari pengamatan awal terdapat beberapa jenis pelanggaran atau penyimpangan perilaku siswa yang cenderung negatif antara lain perilaku siswa yang kurang hormat kepada guru, melawan atau menentang nasehat guru, siswa yang selalu bercanda saat melaksanakan tri sandya, ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam kegiatan kerja bakti dengan lebih banyak mengobrol atau menjauh saat teman temannya bergotong royong untuk  membersihkan  lingkungan  sekolah,  dan  ada  beberapa  siswa  yang  terlihat lebih  suka membuang sampah sembarangan di ruang kelas atau di halaman sekolah. Pola penerapan Tri Hita Karana  dalam  meningkatkan  karakter  siswa  meliputi:  Penerapan  bidang  Parahyangan  yang pelaksanaannya meliputi: pelaksanaan yadnya yang dilakukan meliputi pelaksanaan nitya karma dan naimitika  karma.  Penerapan  bidang pawongan  dengan  menumbuhkan  kesadaran  siswa  untuk menaati tata tertib sekolah, melaksanakan ajaran susila terutama tri kaya parisudha sebagai wujud nyata pelaksanaan implementasi Tri Hita Karana dalam menjaga keharmonisan hubungan dengan sesama. Penerapan bidang palemahan, dengan meningkatkan displin dan tanggungjawab dalam menjaga kebersihan alam dilingkungan sekolah 

Kata Kunci


Karakter, Tri Hita Karana, Agama Hindu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, Maswardi Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Boduose Media Jakarta.

Artawa, M. 2003. Kesemetaan Tri Hita Karana (salah Makna Tri Hita Karana). Denpasar: Majalah Gumi Bali Sarad

Arwati, Sri M. 2006. Konsep Tri Hita Karana dalam Agama Hindu. Naskah kerja, Kegiatan

Orientasi Sekaa Pesantiaan.

Cahyadiarta, restu. 2014. Makalah Implementasi Tri Hita Karana. http://restoe- rc.blogspot.co.id/2014/03/makalah- implementasi-tri-hita-karana-di.html

Depdiknas. 2011. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Donder, I Ketut. 2007. Kosmologi Hindu, Penciptaan, Pemeliharaan, dan Peleburan Serta Penciptaan Kembali Alam Semesta. Surabaya: Paramita.

Jaya, Arta. 2013. Tri Hita Karana. https://ikadekartajaya.wordpress.co m/2013/09/10/tri-hita-karana/

Kamahakam. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Indonesia.https://kamaabdulhakam.wordpress. com/2015/02/21/pendidikan- karakter-di-sekolah-dasar-indonesia/

Oka, Ida Pedanda Gde Nyoman Jelantik. 2009. Sanatana Hindu Dharma. Denpasar: Widya Dharma.

Parimartha, I Gde, dkk. 2011. Nilai Karakter Bangsa dan Aktualisasinya dalam Kehidupan Masyarakat Bali . Denpasar: Udayana University Press.

Rema, I Nyoman. 2011. Penyatuan Siwa-Budha Pemikiran I Gusti Bagus Sugriwa Tentang Agama Hindu Bali. Denpasar: Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.