PERAN GURU PROFESIONAL UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA HINDU MELALUI EFEKTIVITAS DAN KREATIVITAS POLA INTERAKSI DI SEKOLAH
Sari
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam dunia pendidikan adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan serta merosotnya moral etika para siswa. Hal ini telah tidak bisa dikaji hanya dengan melihat satu aspek saja. Kondisi sosial ekonomi serta keadaan pendidikan kita dilapangan mengalami sebuah gejala kesenjangan. Banyaknya bangunan sekolah yang tidak layak pakai untuk melakukan proses pembelajaran, biaya pendidikan yang mahal, yang sulit dijangkau bagi kebanyakan masyarakat. Dan bahkan banyak anak-anak kecil yang putus sekolah dan memutuskan untuk mencari uang meski dengan harus turun ke jalanan karena mereka tidak mampu membayar biaya pendidikan yang begitu tinggi terutama di perkotaan. Kurikulum yang selalu berubah mempengaruhi seluruh aspek dan komponen dalam proses belajar-mengajar tersebut. Pendidikan seakan-akan dijadikan kelinci percobaan dan terlihat ada suatu unsur komersil dalam setiap perubahan yang terjadi dalam pendidikan. Dari kalangan pemerintah selalu menginginkan kenaikan mutu pendidikan. Akan tetapi mereka tidak pernah menyesuaikan dan membandingkan antara tuntutan keinginan yang begitu tinggi dengan kondisi yang real terjadi di lapangan
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kadjeng, I N. (2003). Sārasamuccaya, Surabaya: Paramita
Muhibbin, S. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ngalim Purwanto (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Punyatmaja, I. B. O. (1994). Cilakrama. Denpasar: Upada sastra
Sudharta, T. R. (2001). Ajaran Moral Dalam Bhagawadgita. Surabaya: Paramitha
Yamin, M. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Ariesta K. S.(2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014.Ilmiah Edutic, I (1). http://download.portalgaruda.org
Desmita.(2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Gross, Richard.(2013).Psychology: The Science of Mind and Behaviour (Soetjipto, H.P, & Seotjipto, Mulyantini).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.(Original work published 2010)
Halimah,dkk.(2007).Menumbuhkembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa SD melalui Penerapan Metodologi Quantum Teaching dalam Pembelajaran Tematik. Pendidikan Dasar, V http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.