PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE MURDER SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini pelaksanaannya direncanakan dirancang melalui dua siklus. Rancangan dari masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali tatap muka pembelajaran di kelas dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Boga SMK Negeri 1 Manggis semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 orang siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Data tentang aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi. Lembar observasi aktivitas belajar siswa terdiri dari enam indikator, yaitu:kerja sama siswa dalam kelompok, antusiasme/partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, antusiasme siswa dalam bertanya, presentasi hasil diskusi kelompok dan antusiasme siswa dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan data prestasi belajar dikumpulkan lewat tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBI dengan seting kooperatif tipe MURDER dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII Tata Boga SMK Negeri 1 Manggis semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 72,19 dengan kategori cukup aktif di Siklus I dan 87,42 dengan kategori aktif di Siklus II. Dari data tersebut terjadi peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 21%. Selain itu, penerapan model pembelajaran PBI dengan setting kooperatif tipe MURDER dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas XII Tata Boga SMK Negeri 1 Manggis semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Rata-rata prestasi belajar siswa siklus I 77,81 dengan ketuntasan klasikal 72%, dan rata-rata siklus II 81,41 dengan ketuntasan klasikal 100,00%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 5%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abbas, N. 2000. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika di SMU. Dapat diakses pada: http:// www, depdiknas.go.id/Jurnal/51.
Abdul. 2002. Tersedia pada: http ://www.scribd.com/doc/9037208/.
Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Barab, S. A., Barnett, M., Yamagata, L., Squire, K., & Keating, T. 2002. Using Activity Theory to Understand the Systemic Tensions Characterizing a Technology-Introductory Astronomy Course. Tersedia di: http ://www comp.glam.ac.uk/pages/staff/srharris/presentations/ Introduction%20to%20Activity%20Theoryfiles/43-acttheory.pdf. Diakses tanggal 15 Oktober 2008.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Eka, L. Y. 2007. Implementasi Strategi Pemecahan Masalah Secara Sistematis Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Singaraja pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha.
Erlin., Norazah, Y., & Rahman, A. A. 2008. Overview on Agent Application to Support Collaborative Learning Interaction. The American Journal of Distance Education. 5(1).
Faitrul, A. N. 2008. Cooperative learning. Tersedia pada http : //trimanjuniarso. files.wordpress.com/2008/02/ c00perative-learning.pdf.
Fjeld, M., Morf, M., & Krueger, H. 2004. Activity Theory and The Practice of Design: Evaluation of A Collaborative Tangible User Interface. International Journal Human Resources Development and Management. 4(10).
Ibrahim, M., Nur, M. 2000. Pembelajaran berdasarkan masalah. Buku ajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Kaenampornpan, M & O’Neill, E. 2005. Modelling Context: An Activity Theory Approach. Tersedia di: http ://www.teacher.org.cn/eusai04a.pdf. Diakses tanggal 2 Desember 2008.
Leont'ev, A. N. 2008. Activity Theory. Tersedia di: http : //en.wikipedia.org/w/ index.php. Diakses tanggal 10 Juni 2008.
Leshowitz, B., Linder, D., Harris, J. 2004. An Online Professional Development Program for Problem-Based Instruction. Proposal. Arizona: Arizona State University. Dapat diakses pada: http: // www.abor.asu.edu/ 4_special_programs/ lce/02-03% 20winners% 20for% 20LCE% 20web/ 01AU03% 20Leshowitz.doc.
Lundin, J. 2004. Designing Computer Supported Collaborative Learning Activities for Specific Contexts. PsychNology Journal. 2(2).
Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sadia, I W. 2003. Landasan Konseptual Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar. Materi Perkuliahan Orientasi Dasar – Dasar Pendidikan MIPA. Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
Santyasa, I W. & Suwindra, I NP. 2008. Pengembangan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika bagi siswa SMA dengan pemberdayaan model perubahan konseptual berseting investigasi kelompok. Laporan hasil penelitian (tidak diterbitkan). Lembaga Penelitian Undiksha Singaraja.
Santyasa, I W., Subratha, N., & Suwindra, I NP. 2005. Keefektifan model rekontruksi kognitif dan teknik-teknik kooperatif GI, MURDER, dan STAD dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. (4). 628-644.
Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta..
Suastra, I W. 2002. Strategi Belajar Mengajar Sains. Buku Ajar. Jurusan Pendidikan Fisika Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Surya, M. 1997. Prinsip-Prinsip Motivasi Dalam Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah : Depdikbud.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Yasa, D. 2008. Aktivitas dan Prestasi Belajar. Tersedia di http://ipotes.wordpress. com/2008/05/24/prestasi-belajar. Diakses tanggal 12 Desember 2008.
Zingaro, D. 2008. Group investigation: Theory and practice. Tersedia pada: www danielzingaro.com/gi.pdf.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.