IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
Sari
Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas XI IPA 1 semester I SMAN 1 Abiansemal tahun pelajaran 2017/2018 dengan implementasi model pembelajaran Inquiri.Penelitian ini dilakukan terhadap 34 subjek penelitian pada siswa kelas XI IPA 1 semester I SMAN 1 Abiansemal tahun pelajaran 2017/2018. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan model pembelajaran Inquiri. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 74,74 ketuntasan belajar 26,47% pada siklus I rata-ratanya 76,65 ketuntasan belajar 55,88% meningkat menjadi 85,41 dengan ketuntasan belajar 94,12%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa implementasi model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu Siswa kelas XI IPA 1 semester I SD SMAN 1 Abiansemal tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 1996. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Benyamin S. Bloom. Nurman. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Gulo, W. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Haury.David. L. 1993. Teaching Science through Inquiry. ERIC Clearinghouse for Science Mathematics and Environmental Education Columbus OH. [Online]. Tersedia: http://www.ericdigests.org/1993/inquiry.htm
Sanjaya. 2008. Faktor–faktor yang Mempengaruhi Hasil belajar. Prenada : Jakarta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.