DINAMIKA PEMBELAJARAN ABAD 21 BAGI DAERAH TERPENCIL DAN BERKEMBANG

Ni Komang Kasihani, Gek Diah Desi Sentana

Sari


Pembelajaran abad 21 menuntut peran pemerintah dan guru. Pemerintah perlu menyediakan berbagai fasilitas sarana dan prasarana serta guru harus kreatif dalam menciptakan pembelajaran berdasarkan prinsip pembelajaran abad 21. Daerah terpencil dan daerah berkembang memiliki tantangannya masing-masing dan memerlukan perlakuan yang berbeda dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika pembelajaran abad 21 di daerah terpencil, serta hambatan-hambatan dan strategi pengembangannya. 


Kata Kunci


Pembelajaran abad 21, Daerah terpencil dan berkembang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan. 2018. Pembelajaran Abad 21 “Rumah Belajar”. Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan RI

Rohim, Bima dan Julian. 2016. Belajar dan Pembelajaran di Abad 21. Makalah Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kajian Media Pembelajaran. Kurikulum dan Tenologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Trilling, B & Fadel, C. (2009). 21st-century skills: learning for life in our times. US: Jossey-Bass A Wiley Imprint.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.