PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU BERBASIS MODEL DISKUSI INTERAKTIF PADA DI KELAS 10 PASRAMAN WIDYA LAYA KERAWANG

Eko priyanto, Marsono marsono

Sari


Penelitian ini dilaksanakan Kelas 10 Pasraman Widya laya Kerawang yang prestasi belajarnya masih di bawah rata-rata. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model ekspositori dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 18% yang tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 34,61% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model ekspositori dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar Di Kelas 10 Pasraman Widya laya Kerawang


Kata Kunci


Belajar Agama Hindu Berbasis Model Diskusi Interaktif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Buana RM, Kartika. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.1, No.1.

Dedi Hermawan, Kadek dkk. 2017. Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol.3, No.2.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Desmawati. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Metode Ekspositori Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Koto Balingka. Education and Policy in Social Science, Vol.1, No.2.

Soejono dan Abdurrahman, H. 2003. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hidayat, O. S. 2007. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hildayani, R.. 2008. Penanganan Anak Berkelainan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iriyanto, H.D. 2012. Hebat Gurunya Dahsyat Muridnya. Jakarta: Erlangga.

Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, Suci. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol.4, No.1

Prastiwi, R. 2010. Buku Tematik Peduli Lingkungan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purwanto, N. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sahertian, Piet, A dan Sahertian, A. 1992. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

Sudarsana, I. K. (2017, October). Pengembangan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mewujudkan Toleransi Antar Umat Beragama. In Prosiding Seminar Nasional Filsafat .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.