e-journal Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar


Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar berdiri pada tanggal 8 Nopember 2004 berdasarkan Peraturan Presiden No.1 Tahun 2004 tentang perubahan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Denpasar menjadi Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar memiliki visi terdepan dalam dharma, widya, dan budaya, serta mempunyai misi menghasilkan sarjana yang sujana.

Rumah Terbitan Ilmiah Berkala Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar ini didedikasikan sebagai media penyebaran dharma, widya, dan budaya, sehingga diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat.

 

Logo Header Halaman

Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies

Vidyottama Sanatana International Journal of Hindu Science and Religious Studies (pISSN: 2550-0643 and eISSN: 2550-0651) is a  Journal that aims to realize a more concrete and convincing typology and Hindu Knowledge epistemology to the world’s scientist, Denpasar State Hindu Dharma Institute as one of the institutions of scientific education, is responsible for exposing all the wealth of Hindu knowledge that seems to be buried in the bottom of the ocean. Exploration and socialization of Hindu knowledge is expected to contribute on the realization of the safe, harmonious, peaceful and prosperous world community, so that happiness is not only a fantasy in heaven, but become real in the world.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Jurnal Penjaminan Mutu

Jurnal Penjaminan Mutu dengan ISSN cetak 2407-912X (SK no. 0005.122 /JI.3.2./SK.ISSN/ 2015.01 - 30 Januari 2015, mulai edisi Vol. 1, No. 1, Februari 2015) dan ISSN online 2548-3110 (SK no. 0005.25483110 /JI.3.1/SK.ISSN/ 2016.11 - 29 November 2016, mulai edisi Vol. 3, No. 1, Februari 2017) yang diterbitkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar mulai tahun 2015 ini didedikasikan sebagai penyebaran ide, gagasan, maupun masukan yang positif terkait peningkatan kualitas pendidikan tinggi, karena proses penjaminan mutu dalam sebuah perguruan tinggi bukan hanya aktivitas untuk memastikan bahwa yang dijanjikan dapat terpenuhi melainkan juga meliputi usaha peningkatan mutu secara berkelanjutan, baik melalui perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi internal, evaluasi diri, audit, dan benchmarking maupun penyebaran gagasan melalui tulisan ilmiah.

Jurnal Penjaminan Mutu saat ini telah TERAKREDITASI oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta terindeks oleh DOAJ, Moraref, CrossRef, Google Scholar, Sinta, Microsoft Academic, One Search dan lain sebagainya.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Jurnal Penelitian Agama Hindu

Jurnal Penelitian Agama Hindu, particularly focuses on the Hindu Science and Religious Studies areas as follows: 1) Hindu Education, 2) Hindu Religious Letters, 3) Education For Hindu Pre-School Teacher, 4) Education For Hindu Elementary Teacher, 5) Hindu Theology, 6) Hindu Philosophy, 7) Yoga, 8) Hindu Law, 9) Communication and Hindu Religion Illumination, 10) Hindu Cultural Tourism, and 11) Hindu Religion Science. The aim of this journal publication is to disseminate the research results that have been achieved in the area of Hindu Science and Religious Studies.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Vidya Samhita Jurnal Penelitian Agama

VIDYA SAMHITA : Jurnal Penelitian Agama

 

 VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama dengan ISSN cetak 2460-3376 dan ISSN online 2460-4445 merupakan Media Ilmiah Nasional yang digunakan sebagai wahana untuk mengekspresikan berbagai hasil-hasil penelitian ilmiah bidang keagamaan khususnya tradisi keagaamaan Hindu. Vidya Samhita diterbitkan oleh IHDN PRESS, dikelola pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

 

 

ISSN online 2460-4445

 

ISSN cetak 2460-3376 

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Yavana Bhasha : Journal of English Language Education

Yavana Journal focuses on the development of English Language Teaching and Learning. The scope of this journal involves educational theories and practices; also applied linguistics in terms of language teaching and learning. It is published every March and August.

p-ISSN: 26204983

e-ISSN: 26857545

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

cover

Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Brahma Widya

Brahma Widya adalah jurnal Fakultas Brahma Widya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Pangkaja: Jurnal Agama Hindu

Pangkaja: Jurnal Agama Hindu dengan issn cetak 1412-7474 dikelola oleh Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar yang dijadikan referensi, dokumentasi atau kajian ilmiah dalam menganalisis/menulis ilmiah dan memecahkan berbagai masalah agama dan sosial budaya yang semakin kompleks dewasa ini seirama dengan perkembangan globalisasi

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU

Jurnal Guna Widya adalah Jurnal Pendidikan Hindu yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya. Guna Widya memuat hasil penelitian maupun hasil pemikiran akademisi dan praktisi pendidikan Agama Hindu. Jurnal Guna Widya memberikan ruang gerak terhadap penulis yang ingin mengembangkan dan menyebarkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ajaran Agama Hindu yang bersifat mendidikan sehingga dapat membentuk karakter masyarakat Hindu yang cerdas dan berbudi pekerti yang luhur. Guna Widya juga memuat tentang aplikasi ajaran Agama hindu yang disesuaikan dengan adat, budaya dan tradisi masyarakat pendukungnya. Guna Widya lahir dengan harapan membuka cakrawala pendidikan yang luas khususnya dalam bidang pendidikan Agama Hindu

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA

Jurnal Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel ilmiah tentang objek materi pariwisata pada ranah agama dan budaya. Objek materi ini muncul menjadi kecenderungan-kecenderungan pariwisata agama, yang dalam intern umat Hindu disebut dengan Tirtayatra. Pariwisata agama ini pada era modern meluas dengan diikuti umat-umat non-agama, yang kemudian disebut dengan sekular pilgrimage, atau perjalanan suci sekuler.

Tujuan pariwisata agama ini adalah tempat-tempat suci agama, yang terdiri dari situs alam, budaya dan buatan manusia. Karena itu, pengelolaan situs-situs tersebut juga menjadi bahasan-bahasan pada artikel pada jurnal ini. Dengan demikian, jurnal ilmiah ini memuat artikel-artikel yang berhubungan dengan pariwisata agama, pariwisata budaya, dan pengaruh-pengaruh pariwisata terhadap agama dan budaya.

Jurnal ilmiah ini terbit pertamakali pada Maret 2016, yang pada awalnya dengan ISSN cetak 2527-9734. Pada tahun 2017, jurnal ini telah memiliki ISSN online 2614-5340. Sampai tahun ini, jurnal ini terbit dalam dua versi yaitu versi cetak dan online.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

cover Vyavahara Duta

VYAVAHARA DUTA: JURNAL ILMIAH ILMU AGAMA DAN ILMU HUKUM

Vyavahara Duta Merupakan Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Hukum. Penerbitan Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Hukum ”Vyavahara Duta”, sebagai sarana untuk peningkatan tenaga pendidik yang professional dalam bidang pendidikan hukum. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan peningkatan sumber daya manusia dalam bidang hukum yang bermanfaat bagi lembaga dan masyarakat.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pratama Widya adalah Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Hindu Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Pratama Widya merupakan media yang dapat dipergunakan bagi penulis mempublikasikan pemikiran ataupun penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan topik Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya memuat berbagai penerapan pembelajaran ataupun implementasi pendidikan yang dilakukan pada Pendidikan Anak Usia Dini, ataupun metode-metode dalam membentuk calon pendidik/pendidik yang berkualitas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar

Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar memiiliki ISSN cetak dan ISSN online yang ditetapkan oleh LIPI. ISSN online 2685-8312  ditetapkan dengan SK No. 0005.26858312/JI.3.1/SK.ISSN/2019.08, dan ISSN Cetak 2527-5445 ditetapkan dengan SK No. : 0005.25275445/JI.3.1/SK.ISSN/2016.05.

Adi Widya merupakan Jurnal Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu pada Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar yang bekerja sama dengan Perkumpulan Dosen dan Pendidik Karakter Seluruh Indonesia (ADDIKSI), diterbitkan oleh Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar  .

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang  berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. 

 

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Kalangwan: Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra

Kalangwan, Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar memiliki misi menghidupkan dan mengoptimalkan kesadaran keindahan ilmu pengetahuan yang ada dalam diri setiap orang. Maka dengan kesadaran tersebut akan membuat setiap insan tergerak untuk terus menimba menambah dan memperdalam pengetahuan demi kemajuan dan peningkatan kualitas SDM kampus. Keindahan ilmu pengetahuan akan membuka sisi estetika dan kelembutan menuju manusia yang ramah rendah hati jujur dan terbuka.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Sphatika: Jurnal Teologi

Jurnal Sphatika Jurusan Teologi dengan ISSN cetak 2407-912X (SK no. 0005.122 /JI.3.2./SK.ISSN/ 2015.01 - 30 Januari 2015, mulai edisi Vol. 1, No. 1, Februari 2015) dan ISSN online 2548-3110 (SK no. 0005.25483110 /JI.3.1/SK.ISSN/ 2016.11 - 29 November 2016, mulai edisi Vol. 3, No. 1, Februari 2017) yang diterbitkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar mulai tahun 2015 ini didedikasikan sebagai penyebaran ide, gagasan, maupun masukan yang positif terkait peningkatan kualitas pendidikan tinggi, karena proses penjaminan mutu dalam sebuah perguruan tinggi bukan hanya aktivitas untuk memastikan bahwa yang dijanjikan dapat terpenuhi melainkan juga meliputi usaha peningkatan mutu secara berkelanjutan, baik melalui perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi internal, evaluasi diri, audit, dan benchmarking maupun penyebaran gagasan melalui tulisan ilmiah.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Sanjiwani: Jurnal Filsafat

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

JURNAL YOGA DAN KESEHATAN

Jurnal Yoga dan Kesehatan dikelola oleh Jurusan Yoga dan Kesehatan Fakultas Brahma Widya, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar