Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Sanjiwani: Jurnal Filsafat?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Penjaminan Mutu?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.


PEDOMAN PENULISAN

J u d u l

(Book Antiqua : Bold, 14, Spasi 1, Center)

(Judul ditulis dengan ringkas dan lugas yang menggambarkan isi naskah; Menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris; Maksimal 15 kata)

 

Nama Penulis1, Nama Penulis2, Nama Penulis3

Afiliasi Penulis1, Afiliasi Penulis2, Afiliasi Penulis3

E-mail Penulis1, E-mail Penulis2, E-mail Penulis3

(Book Antiqua, 12, Spasi 1, Center)

 

 

 

Abstract (Book Antiqua  : Italic,  12,  Spasi 1, Justify)

Keywords:

(Write 3 - 5 words that contain the specific concept of the article)

 

Abstracts are written in one paragraph using Indonesian. The maximum number of words in an abstract is 250 words. Abstract structure consists of: 1) Background of the problem; 2) Research objectives; 3) Methods; 4) Results; 5) Conclusion.

 

 

 

 

 

 

 

Abstrak (Book Antiqua, 12, Spasi 1, Justify)

Kata Kunci: 

(Tuliskan 3 - 5 kata yang berisi konsep khusus dari artikel)

 

Abstrak ditulis dalam satu paragraf dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Jumlah kata dalam abstrak maksimal 250 kata. Struktur penulisan abstrak terdiri dari: 1) Latar belakang masalah; 2) Tujuan penelitian; 3) Metode; 4) Hasil; 5) Simpulan.

 

 

 

I. Pendahuluan (Book Antiqua, 12, Spasi 1, Justify)

Uraikan latar belakang permasalahan, data awal riset yang memperkuat adanya permasalahan (bisa data angket, data wawancara, dan observasi), pemetaan penelitian terdahulu (literature review, temuan riset sepuluh tahun terakhir, dibahas singkat dan jelas urut dari tahun terbaru sampai tahun terlama), tujuan dan manfaat penelitian, kajian teori, dan  diakhiri dengan hipotesis (jumlah halaman maksimal  25% dari keseluruhan halaman naskah / 500-1000 kata). Secara rinci, berisi : (a) paparan perkembangan terkini bidang ilmu yang diteliti yang argumentasinya didukung oleh hasil kajian pustaka primer dan mutakhir; (b) paparan kesenjangan termasuk data awal penelitian berupa data angket dan atau data wawancara dan atau data observasi dan atau data lain yang relevan dan dianggap valid; (c) argumentasi peneliti dalam menutup kesenjangan tersebut sebagai janji kontribusi penelitian bagi perkembangan ilmu, dimana juga dapat berisi paparan tujuan penelitian atau penulisan; dan (d) uraian metodologi atau metode yang digunakan dalam membahas masalah terkait.

Penulisan kutipan menggunakan in text citation (body note).

 

II. Pembahasan (Book Antiqua, 12, Spasi 1, Justify)

Pembahasan harus didukung oleh data yang valid dan harus menjawab permasalahan penelitian yang sudah ditetapkan. Pembahasan memuat 60% dari keseluruhan jumlah halaman naskah (2500-3000 kata). Sub judul hasil penelitian dituliskan dengan ketentuan sebagai berikut:

2.1       Sub-bagian 1

2.1.1  Sub-sub bagian 1

2.1.2  Sub-sub bagian 2, dst…

2.2       Sub-bagian 2, dst…

2.2.1  Sub-sub bagian 1

2.2.2  Sub-sub bagian 2, dst…

 

Kemudian untuk poin-poin pernyataan dapat dituliskan sebagai berikut:

  • Poin I
  • Poin II
  • Dst…

 

Atau daftar bernomor juga dapat ditambahkan sebagai berikut:

  1. Item 1
  2. Item 2
  3. Dst…

 

Selanjutnya dapat dituliskan di sini.

 

Tabel dan Gambar

Penggunaan tabel dan gambar harus disebutkan di dalam teks dengan menyebutkan tabel 1; gambar 1; dst…

 

Tabel 1. Tuliskan deskripsi tabel

Judul 1

Judul 2

Judul 3

Entry 1

data

data

Entry 2

data

data

Dst…

dst…

dst…

Sumber: …

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1. Tuliskan deskripsi gambar

(Sumber: …)

 

Rumus Matematika

Dalam penulisan rumus matematika gunakan persamaan Microsoft Equation Editor atau MathType, ditulis ditengah, dan diberi nomor persamaan mulai dari (1), (2), dst…

 

(1)

 

Penjelasan dari rumus matematika tersebut dapat dituliskan di sini.

 

Pengutipan secara langsung agar dituliskan sebagai berikut:

“kutipan langsung kutipan langsung kutipan langsung kutipan langsung kutipan langsung kutipan langsung kutipan langsung kutipan langsung”.

 

Atau

 

“… kutipan langsung kutipan langsung kutipan langsung…”

 

III. Penutup (Book Antiqua, 12, Spasi 1, Justify)

Isi penutup merupakan rumusan jawaban dari tujuan penelitian bukan rangkuman hasil penelitian dan dibuat  dalam bentuk alinea (bukan numerik). Penutup berisi temuan penelitian sebagai sintesis antara hasil analisis data dan hasil pembahasan, serta lebih menonjolkan hal-hal yang baru yang memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan (jumlah halaman maksimal  15% dari keseluruhan halaman naskah / maksimal 500 kata).

 

Daftar Pustaka (Book Antiqua, 12, Spasi 1)

Tuliskan referensi yang menjadi acuan secara alfabetis dan kronologis. Daftar Pustaka adalah daftar acuan/referensi bukan bibliografi, maka harus memuat semua sumber yang diacu dalam naskah, dan tidak perlu memuat sumber yang tidak diacu. Daftar rujukan berisi semua yang dirujuk dalam teks yang berasal dari sumber yang; (a) relevan, (b) minimal 80% mutakhir (10 tahun terakhir), dan (c) minimal 80% primer, terutama dari artikel jurnal. Untuk penulisan referensi, pengelola menyarankan agar menggunakan software, seperti Mendeley, Tool References bawaan Microsoft Office, ataupun Zotero. Penulisan referensi menggunakan model sistem dari APA (American Psychological Association) edisi ke-6.

 

Contoh penulisan:

Artikel Jurnal

Arimbawa, I. K. S., Juniartha, M. G., & Putra, I. G. D. D. (2020). Kesadaran Diri menurut Tutur Jatiswara: Merajut Kembali Kerukunan Hidup Umat Beragama. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11(3), 148–166.

Maheswari, P.D. (2021). Formulasi Teologi Kerja dan Hubungannya dengan Reinkarnasi dalam Teks Bhagavad Gītā. Sphatika: Jurnal Teologi, 12(1). 112-127.

 

Website

Sumbulah, U. (2015). Pluralisme dan Kerukunan Umat Beragama Perspektif Elite Agama di Kota Malang. Retrieved Pebruari 16, 2020, from http://repository.uin-malang.ac.id/566/1/139-163-1-PB.pdf

 

Buku

Kuswanjono, A. 2006. Ketuhanan dalam Telaah Filsafat Perenial, Refleksi Pluralisme Agama di Indonesia. Yogyakarta: Badan Penerbitan Filsafat UGM.

 

Bagian Buku atau Book SectionIkhwan, M. (2019). Ulama dan Konservatisme Islam Publik di Bandung: Islam, Politik Identitas, dan Tantangan Relasi Horizontal. In I. Burdah, N. Kailani, & M. Ikhwan (Eds.), Ulama, Politik, dan Narasi Kebangsaan. Yogyakarta: PusPIDeP.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.