LAGU KEAGAMAAN HINDU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PAUD HINDU AMERTHA YULIA GANESHA KABUPATEN KARANGASEM

I Wayan Mertayasa

Sari


Masalah-masalah yang berkaitan dengan karakter siswa Hindu PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha antara lain: (1) tata cara sembahyang pengucapan Gayatri Mantram, siswa banyak bercanda dalam mengucapkan Gayatri Mantram (2) perilaku siswa yang berani melawan nasehat guru (3) siswa yang suka berkelahi dengan teman sebayanya (4) pencurian (5) kesadaran siswa menjaga kebersihan WC kurang, (6) siswa membuang sampah dengan sembarangan. Untuk mengatasi masalah yang sangat komplek tersebut maka pendidikan karakter perlu ditumbuhkembangkan melalui beraneka metode salah satunya adalah lagu keagamaan Hindu. Melalui lagu keagamaan Hindu yang dibuat khusus mengandung nilainilai pendidikan agama Hindu, seperti: menjaga hubungan yang baik antara manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, hubungan yang baik antara manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam semesta yang disebut dengan konsep Tri Hita Karana. Dari latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu : mengapa lagu keagamaan Hindu diterapkan dalam membentuk karakter siswa, apakah fungsi lagu keagamaan Hindu, bagaimanakah proses penerapan lagu keagamaan Hindu di PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha? Dari ketiga rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lagu keagamaan Hindu dalam membentuk karakter siswa, fungsi lagu keagamaan Hindu, dan proses penerapan lagu keagamaan Hindu di PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha, kabupaten Karangasem. Penelitian ini menggunakan teori behavioristik dan teori fungsional struktural sebagai dasar untuk membuat pertanyaan-pertanyaan secara terperinci untuk membedah rumusan masalah. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualilatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, kemudian diolah dan dianalisis secara naratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh suatu temuan bahwa tujuan penerapan lagu keagamaan Hindu untuk membangun karakter siswa PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha adalah untuk membantu perkembangan peserta didik khususnya yang beragama Hindu untuk menjadi manusia yang lebih utuh dan sadar akan tanggung jawab terhadap dirinya, orang lain, alam semesta dan Tuhan Yang Maha Esa. Strategi penerapan lagu keagamaan hindu untuk membangun karakter adalah dengan pembiasaan menyanyikan lagu tersebut dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di PAUD dengan pembiasaan melakukan puja tri sandya/mengucapkan Gayatri Mantram, pembiasaan sembahyang pada hari suci Purnama dan Tilem serta hari raya Saraswati, pembiasaan mengucapkan salam Om Swastyasu. Menjaga kebersihan areal lingkungan sekolah, dampak penerapan lagu pendidikan karakter bagi siswa PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha adalah siswa mampu bekerja keras, memiliki sikap disiplin, menjadi orang beriman, menjadi orang berhati lembut, menjadi orang berhati lembut, menjadi orang bertanggung jawab, bersikap tenggang rasa, bersikap jujur, bersikap menghargai waktu, bersikap sopan, santun dan hormat.
Kata Kunci : Lagu Keagamaan Hindu, Karakter Siswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andani.2016. Siswa PAUD babak belur dianiaya anak TK B. Jawa Timur: Jawa Pos.com

Anonim, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama

Arikunto, S. 2005. Dasardasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara Arikunto,

Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta:Rineka Cipta.

Bungin, Burhan.2001. Metode Penelitian Sosial Format-Format Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Airlangga.

Dantes. 2009. Pendidikan Profesi Guru dalam Kaitannya dengan Peningkatan Profesionalisme Guru (Refleksi Tentang Struktur Program LPTK). Makalah disampaikan dalam seminar LPTK. Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pembelajaran Kontekstual. Jakarta.

Dian, Noviyanti. 2014. Anak-Anak Kita Pengukir Peradaban. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Kompas Gramedia.

Gegne, R. M. 1970. The Condition of Learning. New York.

Hasan, M. Iqbal.2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia.

Jasmine, Grace. 2005. Taktik Quick & Fun Games For Kids. Terjemahan Edi Santoso. Yogyakarta: Bookmarks.

Kadir, Abdul. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Gita Media Press. Mitra Pressindo.

Kemdikbud. 2016. Panduan Penyelenggaraan Penilaian Akhir Pendidikan Keaksaraan Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kertamuda. M.A. 2015. Golden age strategi Sukses Membentuk Karakter Emas Pada Anak Sejak Usia Dini. Jakarta: PT Elex Media Komutindo. Kompas Gramedia.

Koentjaraningrat


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.