METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI

Ni Wayan Satri Adnyani

Sari


Usia dini merupakan usia emas bagi anak untuk belajar bahasa, tanpa mengabaikan perkembangan aspek-aspek lainnya yang sangat penting dalam kehidupannya. Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi merupakan kebutuhan dan merupakan hal esensial untuk awal proses di sekolah. Keterampilan mendengarkan adalah keterampilan pertama dan paling dasar yang dikembangkan oleh pembelajar bahasa, baik dalam belajar bahasa pertama, bahasa kedua maupun bahasa asing. Metode TPR dapat memotivasi anak untuk tertarik belajar bahasa Inggris terutama melatih kemampuan mendengar (listening) karena metode ini sangat menghibur mereka dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan membantu pemahaman anak usia dini terhadap pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. Beberapa teknik atau aktivitas yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan anak usia dini dalam mendengarkan bahasa Inggris yaitu imperative drill, action songs dan using flash cards.
Kata kunci : Total Physical Response, Kemampuan Mendengarkan, Pendidilan Anak Usia Dini


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, H.D. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Christina, Nuning W .2010. English for Kinder Garden Students . Jakarta. Talenta Media Utama

Harmer, J. 2007. The Practice of English Language Teaching.

Harlow, Essex: Pearson Education, Ltd.

Larsen – Freeman, D. 1986. Techniques and Principles in Language Teaching. New York : Oxford University Press.

Larsen-Freeman, D., & Anderson, M.. 2000. Techniques and principles in language learning. New York: Oxford University Press.

Machackova, Eva. 2009. Teaching Listening. Cambridge: Cambridge UP. Matondang,

Elizabeth Marsaulina. 2005. Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Lagu dan Gerak. Jakarta : Jurnal Pendidikan Penabur.

Montessori, Dr. Maria. 1991. The discovery of the Child. New York: Ballatine Books

Nunan, D. 2003. The impact of English as a global language on educational policies and practices in the AsiaPacific region. TESOL QUARTERLY Vol. 37, No. 4 p. 589 – 614.

Richards, J.C. & Rodgers, T.S. 2003. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge : Cambridge University Press.

Richards, J.C. 2008. Teaching Listening and Speaking From Theory to Practice. Cambridge: Cambrdge University Press.

Sad, S. N. 2010. Theory–practice dichotomy: Prospective teachers’ evaluations about teaching English to young learners. Journal of Language and Linguistic Studies Vol.6, No.2, October

Scott, W. A., & Ytreberg, L. H. 1990. Teaching English to children. New York: Longman.

Shin, J. K. (2006). Ten helpful ideas for teaching English to young learners. English Teaching Forum, 44 (2), 2-13.

Suhartono.2005. Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yamin, M. 2017. Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1 No. 5 April 2017 hal 82-97

Yauri, A. M. (2007). Problematika pengajaran Bahasa Inggris pada madrasah ibtidaiyah di Watampone Sulawesi Selatan. Jurnal Ichsan Gorontalo, 2 (3), pp 1133


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.