PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DI PAUD DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK

I Ketut Tanu

Sari


ABSTRAK
Tidak ada metode mengajar yang tepat diterapkan pada setiap pembelajaran akibatnya, metode pembelajaran anak PAUD sebagai metode pembelajaran PAUD adalah yang Efektif dan Menyenangkan. Sebab semua bisa mengajar namun belum tentu bisa mengajar di TK atau PAUD. Mengajar PAUD berarti mengajar anak yang sedang ada di masa usia keemasannya (golden age).Sebuah masa dimana potensi anak sedang berkembang dan saat yang tepat untuk membuatnya menjadi seorang pembelajar yang mandiri dan haus pengetahuan. Bagi anak, bermain merupakan suatu kegiatan yang sifatnya melekat langsung pada kodrat dan kebutuhan perkembangan anak. Pemahaman tentang pembelajaran anak usia dini dengan bermain, saat ini diharapkan sudah lebih dipahami para pengelola, pendidik atau pemerhati. Disamping itu lingkungan kondusif juga diperlukan bagi anak dengan pengertian lingkungan kondusif adalah lingkungan yg menstimulasi agar anak bisa dan mampu menjadi pembelajar yg mandiri. Selain melalui bermain, memperhatikan cara anak berpikir, cara anak bermain, dan cara anak berbicara adalah keseharian guru PAUD. Oleh karena itu penguasaan metode-metode pembelajaran anak usia dini merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru/tutor agar proses pembelajaran tersebut dapat mendorong perkembangan anak, baik perkembangan intelektual, fisik maupun emosionalnya. Dengan menguasai metode pembelajaran, selain tentunya kemampuan lainnya, seorang guru/ tutor dapat mengelola proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang hendap dicapainya, yaitu kemampuan-kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh anak
Kata kunci; Penggunaan, Metode pembelajaran, PAUD.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriano,dkk 2006. Melejitkan Potensi Anak. MLC Bandung Anwar dkk,2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Alfabeta Bandung

Ahmadi Abu H. Drs, (2005) Strategi Belajar Mengajar, Bandung:

Armico. Depag RI, Stategi Belajar Mengajar, Dirjen Bimbingan Islam, Jakarta. Mansyur. H. Drs, (1991), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka

Sanjaya Wina, Dr. (2006) Strategi Pembelajaran, Jakarta Sudirman, N, Drs, dkk, Ilmu Pendidikan, Rosdakarya, Bandung.

Nasution, S, (1989), Kurikulum dan Pengajaran, Bandung: Bina Aksara.

Tata raharjo, dkk. Pendidikan Populer Membangun Kesadaran kritis. Insit pres Jgjakarta.

Zakiah Daradjat, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam,( Jakarta: Bumi Aksara,1995), hal. 298


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.