IMPLEMENTASI MEDIA KOPI DENGAN STRATEGI KRIPIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA

Dewa Ayu Anom Pratiwi

Sari


Tujuan panelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Subjek penelitian adalah Kelompok B1 TK Pembina Karangasem Amlapura sebanyak 31 orang. Penelitian dilakukan selama 3 bulan melalui implementasi Media KOPI dengan Strategi KRIPIK. KOPI merupakan akronim dari KO=Kotak, PI=Pintar. KRIPIK merupakan akronim dari K=Kenali, R=Rencanakan, I=Implementasikan, Pi=Penilaian dan K=Kontinyu. Data dikumpulkan dengan hasil pengamatan terhadap kemampuan dan keaktifan anak dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan rata-rata kemampuan dan keaktifan berada pada kategori B (Baik). Ditemukan bahwa terdapat 2 anak yang kemampuan membaca permulaan berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan, 22 anak berkategori Mulai Berkembang dan 7 anak ada dalam kategori Belum Berkembang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Kemampuan membaca permulaan anak belum memenuhi indikator keberhasilan. Untuk itu perlu dilakukan tindak lanjut dengan hasil dari 31 orang anak seluruhnya 3 anak mendapat kategori Mulai Berkembang, 24 anak berkategori Berkembang Sesuai Harapan dan 4 anak berkategori Berkembang Sangat Baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan dan sudah mencapai ketuntasan.
Kata kunci: Media KOPI, Strategi KRIPIK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurbiana Dhieni, dkk, 2015. PAUD 4106 Metode Pengembangan Bahasa, Universita Terbuka, Jakarta

Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan PAUD

Tim Penyusun , 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.