STIMULASI MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari

Sari


Tujuan dari penulisan ini artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana stimulasi membaca permulaan untuk anak usia dini. Membaca permulaan merupakan salah satu aspek pengembangan bahasa yang penting bagi anak usia dini. Tidak dipungkiri banyak terjadi perdebatan tentang apakah anak usia dini boleh diajarkan membaca. Permasalahan sebenarnya bukan terletak pada boleh atau tidaknya diberikan, tapi lebih kepada kesiapan anak dan bagaimana cara memberikannya. Membaca permulaan yang merupakan sebuah pengenalan yang diberikan kepada anak usia dini, khususnya yang telah memiliki kesiapan membaca bertujuan untuk memberikan dasar-dasar mekanisme membaca, seperti kemampuan mengasosiasikan huruf dengan bunyi-bunyi bahasa yang diwakilinya, melatih gerakan bola mata, dan kesiapan visual serta auditori anak. Sesuai dengan dunia anak yaitu bermain, maka kegiatan membaca permulaan pun seharusnya diberikan melalui bermain. Bermain memberikan anak rasa senang, kebebasan, dan kepuasan. Permainan yang menarik dan melibatkan huruf ataupun kata-kata akan merangsang anak untuk memiliki kemampuan membaca permulaan. Melalui membaca permulaan seorang anak dapat menambah wawasannya yang menjadi bekal bagi keberhasilannya
Kata kunci: Membaca permulaan, anak usia dini, kegiatan bermain


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, Siti dkk,. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: UT.

Aulia. 2011. Mengajarkan Balita Anda Membaca: Revolusi Cerdas Untuk Kemampuan Anak Membaca Di Rumah. Yogyakarta: Intan Media.

Crain, William. 2007. Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi, Alih Bahasa oleh Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Drouin, Michelle et. al. 2006. “Alphabet Knowladge in Preschool: A Rasch model analysis”. University of Wollongong Library. http:// www. sciencedirect. com. ezproxy. uow.edu.au/ science/ article/ pii/ S0885200611000998 (diakses tanggal 9 September 2012).

Essa, Eva. L. 2011. Introduction To Early Childhood Education Six Edition. Belmont: Wadsworth.

Kemdiknas. 2010. Pengembangan Konsep Pengetahuan Bahasa. Jakarta: Kemdiknas.

_________. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

_________. Pengembangan Konsep Pengetahuan Bahasa. Jakarta: 2010.

Kostelnik, Marjorie J., Anne K. Soderman, Alice P. Whiren. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum Fourth Edition. USA: Pearson, 2007..

Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Owens, Robert, E. 2012. Language Development: An Introduction. USA: Pearson.

Papalia, Diane E., et.al. 2008. Human Development, Alih Bahasa A. K. Anwar. Jakarta: Kencana, 2008.

Rasyid, Harun dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Santrock, John W. 2004. Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup), Edisi kelima, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Siantayani, Yulianti. 2011. Persiapan Membaca Bagi Balita (Yogyakarta: Krizter Publisher.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini.Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Alih Bahasa oleh Marianto Samosir. Jakarta: Indeks.

Sonawat, Reeta &, Jasmine Maria Francis. 2007. Language Development For Preschool Children. Mumbai: Abhinav Enterprises.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Tedjasaputra, Mayke. S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Tim

Tim Seldin. 2007. Membesarkan Anak Hebat dengan Metode Montessori . Jakarta: Gaya Pvorit Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.