PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

I Ketut Suparya

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode bercerita berbantuan media audio visual dengan setting lesson study terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK Widya Kumara Sidhi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperiment, karena peneliti tidak melakukan kontrol penuh terhadap variabel yang akan diteliti. Jenis desain pra-eksperiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre tes-post tes design. Pengujian hipotesis yang digunakan untuk menguji metode bercerita berbantuan media audio visual dengan setting lesson study digunakan nilai N gain.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan metode bercerita berbantuan media audio visual dengan setting lesson study terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK Widya Kumara Sidhi dengan nilai gains skor ternormalisasi sebesar 0,612 atau berada pada kategori sedang. Adapun saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan metode bercerita berbantuan media audio visual dengan setting lesson study telah mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak, bagi peneliti lain yang ingin mengembangankan perkembangan bahasa anak  dapat mengacu pada penelitian ini.


Kata Kunci


metode bercerita, media audio visual, lesson study, perkembangan bahasa anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Ayu, Titis Luh, dkk. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Berbasis Lesson Study Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Assessment Portofolio (Siswa Kelas X Semester Genap Sma Negeri Kalisat Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal: Pancaran, Vol. 3, No. 1, hal 111-120, Februari 2014.

Daroah. 2013. Meningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 RA Perwanida 02 Slawi. Skripsi (Tidak diterbitkan). Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Dhieni Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Elangga.

Gunarti, dkk. 2008. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Permendiknas No 58 Tentang Tingkat Capaian Perkembangan Anak Usia Dini.

Permendikbud No 137 Tingkat Capaian Perkembangan Anak Usia Dini.

Permendikbud No 146 Tentang Standar ProsesPendidikan Anak Usia Dini.

Rustono. 2007. Lesson Study Se¬bagai Model Bimbingan Mahasiswa PGSD Pada Program Pengalaman Lapangan Di Sekolah Dasar. Penelitian Pembinaan. Fakultas Metodologi pengembangan bahasa UPI.

Sanaky, dkk.2010. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat. 2008 . Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran.Semarang. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/ 02/22/lesson-study-untuk-meningkatkan-proses-dan-hasil-pembelajaran/. Diakses pada 3 April 2020.

Sujana & Rivai. 2013. Media Pembelajaran Audio Visual dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23029/3/Chapter%20II.pdf. Diakses tanggal 15 Maret 2020.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparya, I Ketut. 2016. Penerapan Model Problem Base Learning melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal JEPUN, Volume 1 No 1. Hal 69-83, Januari 2016.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.

Utami, Septyani Windi & Khusnal Ery. 2013 Pengaruh Metode Bercerita dengan Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Suriharjo Ngaglik Sleman. Skripsi (Tidak diterbitkan) Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v5i2.1767

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA